LITERASI ZAKAT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR MELALUI DILEMMA STORY PEDAGOGY
ZAKAT LITERATION IN PRIMARY SCHOOL MATHEMATICS LEARNING THROUGH DILEMMA STORY PEDAGOGY
Seperti ikan yang hidup di akuarium, peneliti juga ingin berpindah dari akuarium kecil menuju akuarium yang lebih besar dan luas untuk mengubah pandangan menjadi lebih baik. Melalui refleksi kritis peneliti menggali identitas kultural peneliti selama menjadi siswa, mahasiswa, dan pendidik yang dapat mempengaruhi transformasi pembelajaran matematika di sekolah dasar untuk meningkatkan literasi zakat melalui dilemma story pedagogy. Peneliti juga menggali pandangan guru dan pengelola zakat yang dapat mempengaruhi pandangan literasi zakat melalui dilemma story pedagogy. Penelitian ini berjenis kualitatif transformatif. Metode yang digunakan adalah writing critical autoethnography inquiry dan writing as inquiry untuk membantu menggali serta memahami pengalaman peneliti selama menjadi siswa hingga calon pendidik. Wawancara semi terstruktur juga digunakan sebagai metode penelitian untuk mengetahui pandangan guru dan pengelola zakat terhadap literasi zakat. Peran identitas kultural peneliti sebagai seorang muslim dan penerima manfaat dari zakat dapat mempengaruhi transformasi pandangan peneliti terkait literasi zakat pada pembelajaran matematika sekolah dasar melalui dilemma story pedagogy. Peneliti menyadari bagaimana dilemma story pedagogy yang dialami mengakibatkan terjadinya perubahan pandangan literasi zakat yang dimiliki. Melalui penelitian ini, dapat merubah pandangan peneliti dan partisipan penelitian meliputi siswa, guru, dan pengelola zakat bahwa pengalaman yang dimiliki mempengaruhi peningkatan pengetahuan serta pemahaman literasi zakat dalam diri peneliti.
Kata Kunci: Matematika SD, Literasi Zakat, Dilemma Story Pedagogy, Penelitian Transformatif.
Like fish that live in aquariums, researchers also want to move from small aquariums to bigger and wider aquariums to change views for the better. Through critical reflection the researcher explores the cultural identity of the researcher while becoming students, students, and educators who can influence the transformation of mathematics learning in elementary schools to increase zakat literacy through the dilemma of the story pedagogy. Researchers also explore the views of teachers and zakat managers who can influence the views of zakat literacy through the dilemma story pedagogy. This research is a qualitative transformative type. The method used is writing critical autoethnography inquiry and writing as inquiry to help explore and understand the experience of researchers while becoming students to prospective educators. Semi structured interviews are also used as a research method to find out the views of zakat teachers and managers on zakat literacy. The role of researchers cultural identity as a Muslim and beneficiaries of zakat can influence the transformation of researchers views regarding zakat literacy in elementary school mathematics learning through the dilemma of story pedagogy. Researchers are aware of how the dilemma story pedagogy experienced causes a change in the outlook of zakat literacy. Through this research, it can change the views of researchers and research participants including students, teachers, and zakat managers that their experience influences the increase in knowledge and understanding of zakat literacy in researchers.
Keywords: Elementary mathematics, literacy zakat, dilemma story pedagogy, transformative research.