PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “CULTULEARN” BERBASIS APLIKASI PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DI SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF APPLICATION-BASED "CULTULEARN" LEARNING MEDIA ON CULTURAL DIVERSITY MATERIALS IN ELEMENTARY SCHOOL
ABSTRAK
Nama : Ardila Ima Ayuningtias
NIM : 20010644032
Program Studi : S-1
Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Instansi : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.
Pada era sekarang ini, perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Perkembangan teknologi dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Segala aspek kehidupan manusia memanfaatkan kecanggihan teknologi modern. Hal tersebut juga dirasakan pada aspek pendidikan. Teknologi memberikan manfaat bagi pendidikan. Teknologi membantu pendidikan untuk menyediakan sarana dalam upaya memberikan informasi berkaitan dengan materi yang diajarakan. Pendidik tidak hanya dituntut untuk memberikan ilmu pengetahuan saja tetapi pendidik harus dapat menyesuaikan proses pembelajaran dengan penerapan teknologi yang sedang berkembang. Penerapan teknologi dalam pendidikan berfungsi untuk menyiapkan peserta didik untuk melek perkembangan kehidupan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, penelitian ini digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran baru berbasis aplikasi dengan tujuan untuk memberikan solusi pada tenaga pendidik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation).
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wage 1, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Subjek penelitian yaitu kelas V Sekolah Dasar dengan tahapan implementasi uji coba terbatas pada proses pengambilan data. Materi yang disajikan adalah keberagaman budaya. Hasil dari penelitian adalah: (1) proses pengembangan media pembelajaran “cultulearn” berbasis aplikasi pada materi keberagaman budaya secara sistematis dan terstruktur sesuai dengan tahapam model penelitian pengembangan; (2) media pembelajaran “cultulearn” berbasis aplikas dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase validasi materi sebesar 98,3% dan tingkat persentase validasi media sebesar 91,25%; (3) media pembelajaran “cultulearn” dinyatakan sangat efektif dengan nilai persentase ketuntasan belajar peserta didik pada uji coba terbatas sebesar 92,85%
Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi, keberagaman budaya
ABSTRACT
Name : Ardila Ima Ayuningtias
Study ID : 20010644032
Study Program : Bachelor
Department : Elementary Teacher Education
Faculty : Faculty of Education
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.
In the contemporary era, technological advancement has progressed at a rapid pace. The impact of this technological development is evident in daily life. All aspects of human existence now utilize the sophistication of modern technology. This phenomenon is also observed in the educational sector. Technology offers significant benefits for education, facilitating the provision of information related to the subject matter being taught. Educators are not only required to impart knowledge but must also adapt the learning process to incorporate evolving technological applications. The integration of technology in education serves to prepare students for technological literacy in their future endeavors. Consequently, this research aims to develop novel application-based learning tools to provide solutions for educators. This study employs development research methodology, specifically the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation) development model.
This research was conducted at SDN Wage 1, Taman District, Sidoarjo Regency. The research subjects were fifth-grade elementary school students, with a limited trial implementation stage in the data collection process. The material presented focused on cultural diversity. The results of the research are as below: (1) the process of developing the application-based "Cultulearn" learning media on cultural diversity material was systematic and structured by the stages of the development research model; (2) the application-based "Cultulearn" learning media was deemed highly valid, with a material validation percentage of 98.3% and a media validation percentage of 91.25%; (3) the "Cultulearn" learning media was determined to be highly effective, with a percentage value of student learning completeness in a limited trial of 92.85%.
Keywords: learning media, applications, cultural diversity.