Kesesuaian Materi Aplikasi Deutschtrainer A1 Dengan Kurikulum 2013 Keterampilan Membaca Kelas XI Semester 1
Dalam berkomunikasi, berbahasa memiliki peranan yang sangat penting. Bahasa Jerman ialah bahasa yang sangat umum didalami. Saat belajar bahasa Jerman, suatu keterampilan berbahasa sangat diperlukan. Salah satu keterampilan tersebut ialah keterampilan membaca. Dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik dalam pembelajaran bahasa Jerman maka perlunya suatu media. Media aplikasi edukasi yang dapat membantu meningkatkan pembelajaran bahasa Jerman salah satunya ialah aplikasi Deutschtrainer A1. Aplikasi Deutschtrainer A1 dipilih karena memiliki berbagai keunggulan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Jerman peserta didik dalam keterampilan membaca serta aplikasi ini juga direkomendasikan oleh guru bahasa Jerman. Artikel ini memakai kualitatif bentuk studi pustaka sebagai pendekatan. Setelah itu, rumusan masalah yang ada pada pembahasan ini yaitu “Apakah materi aplikasi Deutschtrainer A1 sesuai dengan kurikulum 2013 keterampilan membaca kelas XI semester 1“. Setelah itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan kesesuaian materi pada aplikasi Deutschtrainer A1 dengan kebutuhan materi pembelajaran peserta didik sesuai dengan kurikulum 2013 KD 3.2 kelas XI semester 1. Artikel ini menganalisis 3 subbab dalam aplikasi Deutschtrainer A1 yang memiliki tema Gesundheit, Meine Familie und ich, dan Lisas Neue Wohnung yang sesuai berdasarkan tema yang ada pada KD 3.2 kurikulum 2013. Kemudian Aplikasi Deutschtrainer A1 juga sesuai dengan materi pembelajaran dalam bentuk Wortschatz dan Grammatik berdasarkan kurikulum 2013 KD 3.2 keterampilan membaca kelas XI semester 1. Setelah itu aplikasi Deutschtrainer A1 juga bisa dipergunakan sebagai media belajar karena sudah tepat dengan ide penguasaan kriteri media oleh Arsyad.
Kata Kunci: Deutschtrainer A1, Kurikulum 2013, Keterampilan Membaca
Language plays a vital part in communication. German is the most studied language. In learning German, a language expertise is exceptionally important. One of these skills is reading skill. In improving the reading skills of students in learning German, there is a need for a media. One of the educational application media that can help improve German learning is the Deutschtrainer A1 application. The Deutschtrainer A1 application was chosen because it has various advantages to improve students’ German learning in reading skills and this application is also recommended by German teacher. This article uses a qualitative form of literature study as an approach. After that, the formulation of the problem in this discussion is “Is the application material of Deutschtrainer A1 in accordance with the 2013 curriculum of reading skills for class XI semester 1.” After that, this study aimed to prove the suitability of the material in the Deutschtrainer A1 application with the learning material needs of students according to the 2013 curriculum KD 3.2 class XI semester 1. This article analyses 3 sub-chapters in the Deutschtrainer A1 application which has the theme Gesundheit, Meine Familie und ich, and Lisas Neue Wohnung which are in accordance with the themes contained in KD 3.2 curriculum 2013. Then the application Deutschtrainer A1 is also in accordance with the learning materials in the form of Wortschatz and Grammatic based on the 2013 curriculum KD 3.2 reading skills for class XI semester 1. After that the application of Deutschtrainer A1 can also be used as a learning medium because it is appropriate to the idea of mastering media criteria by Arsyad.
Keywords: Deutschtrainer A1, 2013 Curriculum, Reading Skills