Profile of Scientific Literacy Based on Daily Life Phenomenon: A Sample Teaching for Static Fluid
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil literasi sains fisika berbasis fenomena kehidupan sehari-hari dalam materi fluida statis untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa tentang ilmu sains. Sebelumnya telah dilakukan pengembangan instrumen tes literasi sains berbasis fenomena kehidupan sehari-hari yang disesuaikan dengan indikator kompetensi literasi sains dan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan model Research and Development dan telah dilakukan kepada 40 siswa SMAN 4 Sidoarjo pada kelas XI-MIPA. Instrumen penilaian yang dikembangkan dinyatakan valid secara teoritis dan empiris. Validitas teoritis sebesar 83% yang mencakup kriteria materi, konstruk, dan bahasa. Validitas empiris mencakup uji reliabilitas dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,782 (reliabel), uji validitas item soal menyatakan 15 soal yang valid dengan kategori rendah sampai sangat tinggi, tingkat kesukaran dengan 13 soal sedang, dan daya pembeda dengan 13 soal kategori cukup sampai baik. Dari keempat kategori kelayakan empiris, terdapat 12 soal dari 15 soal (80%) yang memenuhi kriteria dan layak untuk diujikan. Kategori dari masing-masing indikator kompetensi literasi sains yaitu, indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah dalam kategori sedang (63,0%), indikator mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah dalam kategori sangat rendah (43,7%), dan indikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah dalam kategori sangat rendah (52,7%). Dapat disimpulkan bahwa persentase rata-rata kemampuan literasi sains fisika siswa adalah 53%, termasuk dalam kategori sangatrendah.
Kata Kunci: fenomena kehidupan sehari-hari, fluida statis, profil literasi sains.
The purpose of this study is to describe the daily phenomenon based physics literacy profile in static fluid material to find out how far the students' abilities about scientific science. Previously, the development of a daily phenomenon-based scientific literacy test instrument that is adjusted to the scientific literacy competency indicators and the applicable curriculum had been carried out. This study used a quantitative descriptive method with a Research and Development model and is conducted on 40 students of SMAN 4 Sidoarjo at XI-MIPA class. The assessment instrument developed is stated theoretically and empirically valid. The theoretical validity is 83% which includes material, construct, and language criteria. The empirical validity includes the reliability test with a reliability coefficient of 0.782 (reliable), the item validity test states 15 valid questions with low to very high categories, the difficulty level with 13 moderate questions, and the distinguishing power with 13 questions in the sufficient to good category. Of the four categories of empirical feasibility, there were 12 questions out of 15 (80%) that met the criteria and were eligible to be tested. The categories of each indicator of scientific literacy competence are indicators that explain phenomena scientifically in the moderate category (63.0%), indicators of evaluating and designing scientific investigations in the very low category (43.7%), and indicators of interpreting data and evidence in the very low category (52.7%). It can be concluded that the average percentage of students' physics science literacy ability is 53%, which is included in the very low category.
Keywords: daily phenomenon, scientific profile literacy, static fluid.