Validitas Kartu Model Pembelajaran Make a Match Pada Materi Pecahan Kelas III SD
Dari banyaknya materi yang terdapat pada kelas III SD, materi pecahan merupakan salah satu materi yang masih sulit dipahami oleh siswa. Maka dari itu penanganan atas masalah yang ada pada kelas ini perlu dilakukan, pengembangan media pembelajaran adalah salah satu solusinya. Dengan media yang menarik maka pembelajaran akan lebih menyenangkan, sehingga memungkinkan siswa akan nyaman menerima materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan kartu yang valid sebagai media dalam model pembelajaran make a match pada materi pecahan kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Akan tetapi tahap Disseminate atau penyebaran tidak dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2020. Kartu model pembelajaran make a match yang dikembangkan dalam penelitian ini memperoleh nilai sebesar 3,5 (sangat valid) yang telah divalidasi oleh tiga validator ahli. Berdasarkan perolehan nilai tersebut maka kartu model pembelajaran make a match yang telah dikembangkan dalam penelitian ini sangat valid untuk pembelajaran materi pecahan kelas III SD.
From the amount of material contained in third grade elementary school, fraction material is one of the materials that is still difficult for students to understand. Therefore, the handling of problems that exist in this class needs to be done, the development of instructional media is one solution. With interesting media, learning will be more fun, allowing students to be comfortable receiving material delivered by the teacher. The purpose of this research was to produce a valid card as a media in the make a match learning model in fractions material of third grade elementary school. This type of research is the development using a 4-D model that includes the Define, Design, Develop, and Disseminate stages. However, the Disseminate stage was not carried out in this research. The research was conducted in May 2020. The make a match learning model card developed in this research received a value of 3.5 (highly valid) that had been validated by three expert validators. Based on the acquisition of this value, the make a match learning model card that has been developed in this research is very valid for learning fractions material of third grade elementary school.