Nurrahman, Muhaimin. 201 9 .
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Advance Organizers untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa
Pada Materi Ikatan Ion Dan Ikatan Kovalen . Tesis ,
Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri
Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Rudiana Agustini, M.Pd., dan (2) Prof. Dr.
Sri Poedjiastoeti, M.Si.
Kata-kata Kunci: Model advance organizers, pemahaman konsep, materi ikatan ion dan
ikatan kovalen
Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan
model advance
organizers yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa
pada materi ikatan ion dan ikatan kovalen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN
Olahraga Jawa Timur pada siswa kelas X semester ganjil. Penelitian pengembangan
ini menggunakan model pengembangan Dick and
Carey dengan uji coba menggunakan rancangan One-Group
Pretest-Postest Design .
Penelitian ini
dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu (1) tahap persiapan yang bertujuan
mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model advance organizers , (2) tahap validasi perangkat pembelajaran dan
(3) tahap implementasi perangkat pembelajaran di kelas. Instrumen yang
digunakan adalah lembar validasi perangkat
pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran, lembar
pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan keterbacaan bahan ajar dan LKS ,
lembar tes pemahaman konsep siswa dan lembar angket respon siswa.
Temuan hasil
penelitian yang diperoleh sebagai berikut: 1) Perangkat pembelajaran menggunakan model advance organizers yang telah
dikembangkan, dinyatakan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran;
2) Perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP menunjukkan kategori
baik; 3) Aktivitas siswa selama penerapan perangkat pembelajaran sudah
menggambarkan kesesuaian dengan model pembelajaran advance organizers . Beberapa aktivitas relevan mengalami
peningkatan; 4) Tingkat keterbacaan Bahan Ajar dan Lembar Kerja Siswa yang
dikembangkan berkategori baik ; 5 ) Pemahaman konsep siswa setelah mengikuti
pembelajaran kimia berbasis model advance
organizers pada materi ikatan ion dan ikatan kovalen mengalami peningkatan
keefektifan; 6 ) Respon siswa setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran dapat dikategorikan baik, mayoritas siswa menyatakan tertarik
dengan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan
bahwa perangkat pembelajaran kimia menggunakan model Advance Organizers pada materi ikatan ion dan ikatan kovalen valid,
praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman
konsep siswa.