PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA KOMPETENSI DASAR SANITASI BIDANG KECANTIKAN
DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING MODELS TYPE TALKING STICK ON THE BASIC COMPETENCY OF SANITATION BEAUTY
IN CLASS X VOCATIONAL HIGH SCHOOL
Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick adalah belajar kelompok yang menggunakan stick dan lagu
nasionalisme sebagai media peserta didik untuk menyatakan pendapat di sebuah forum. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada kompetensi
dasar sanitasi bidang kecantikan di kelas X SMK, 2) hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe talking stick pada kompetensi dasar sanitasi bidang kecantikan di kelas X SMK. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Pre Eksperimental dengan rancangan penelitian one shoot case study. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Sasaran penelitian siswa kelas X SMK Berbudi sejumlah 9
orang. Hasil penelitian ini yaitu: 1) keterlaksanaan sintaks model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada
kompetensi dasar sanitasi bidang kecantikan di kelas X SMK yaitu : kegiatan pembuka rata-rata 3,5 dengan kriteria
sangat baik, kegiatan inti rata-rata 3,93 dengan kriteria sangat baik, dan kegiatan penutup rata-rata 4 dengan kriteria
sangat baik, 2) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada kompetensi dasar
sanitasi bidang kecantikan di kelas X SMK yaitu : nilai tertinggi adalah 96 dan nilai terendah adalah 78. Nilai rata-
rata kelas adalah 85,56. Ketuntasan secara klasikal 100% yang berarti pencapaian nilai siswa di atas KKM.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, talking stick, sanitasi bidang kecantikan
The talking stick type cooperative learning is group learning that uses sticks and nationalism songs as media for
students to express their opinions in a forum. The purpose of this study is to know: 1) the implementation of the
talking stick cooperative learning model on the basic competency of beauty sanitation in class X SMK, 2) the
learning outcomes by applying the cooperative learning model of talking stick type on the basic competency of
sanitation beauty field in class X SMK . This type of research is a Pre Experimental study with one shoot case study
design. Data collection techniques used were observation and learning achievement tests. The research target of 9
students of grade X SMK Berbudi is 9 people. The results of this study are: 1) the implementation of the syntax of
the talking stick cooperative learning model on the basic competencies of sanitation in the beauty field in class X
Vocational High School ie: opening activities with an average of 3.5 with excellent criteria, an average core activity
of 3.93 with criteria very good, and the closing activity is an average of 4 with very good criteria, 2) student
learning outcomes with the cooperative learning model talking stick type on the basic competency of sanitation in
the beauty field in class X SMK namely: the highest value is 96 and the lowest value is 78. The value the class
average is 85.56. Classical completeness is 100%, which means achieving student grades above the KKM.
Keywords: cooperative learning, talking stick, sanitation in the beauty field