EFEKTIVITAS DONGENG UNTUK MENANAMKAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI RUMAH
The Effectiveness of Fairy Tales to Instill Morals in Early Childhood at Home
Menanamkan moral pada anak usia dini merupakan hal yang utama dalam tumbuh kembang mereka, dalam menanamkan moral yang tepat pada anak usia yang masih haus akan bermain yaitu dengan media pembelajaran mendongeng. Dengan mendongeng anak akan menangkap dan mencoba berifikir kritis pada setiap cerita yang diceritakan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji efektivitas dongeng dalam menanamkan moral pada anak usia dini dirumah. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur review. Metode pengumpulan data melalui sumber-sumber yang diperoleh dari buku dan jurnal-jurnal yang relevan dengan pembahasan yang ada pada penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dari kajian yang diperoleh hasil bahwa program parenting yang diterapkan antara orang tua dan anak dalam menanamkan moral melalui dongeng pada anak usia dini mereka dapat berjalan efektif dan optimal.
Instilling morals in early childhood is the main thing in their growth and development, in instilling proper morals in children who are still thirsty for play, namely through storytelling learning media. By storytelling, children will capture and try to think critically in every story that is told. The purpose of this study was to examine the effectiveness of fairy tales in instilling morals in early childhood at home. This research method uses a review literature study. The method of collecting data is through sources obtained from books and journals that are relevant to the existing discussion in this study. The data analysis used in this research is descriptive analysis. From the study, it was found that the parenting program applied between parents and children in instilling morals through fairy tales in their early childhood can run effectively and optimally.