the development of microsoft e-books to improve blind students technology skills with shortcut key utilization
Muliani Tutik (2024) pengembangan E-book Microsoft untuk meningkatkan keterampilan teknologi memanfaatkan shortcut key pada mahasiswa tunanetra, program study s2 pendidikan luar biasa, universitas negeri Surabaya. Pembimbing I: Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd, Pembembing II: Dr. Wiwik Widajati, M.Pd.
Kata kunci: e- book, shortcut key, tunanetra.
Urgensi penguasaan teknologi di era saat ini menjadi hal penting yang perlu untuk dikuasai oleh seluruh individu, tanpa terkecuali mereka yang mengalami hambatan penglihatan (tunanetra).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan E-book Microsoft untuk meningkatkan keterampilan teknologi memanfaatkan shortcut key pada mahasiswa tunanetra, (2)Menganalisis kelayakan produk pengembangan E-book Microsoft untuk meningkatkan keterampilan teknologi memanfaatkan shortcut key pada mahasiswa tunanetra, (3)Menganalisis kepraktisan produk pengembangan E-book Microsoft untuk meningkatkan keterampilan teknologi memanfaatkan shortcut key pada mahasiswa tunanetra, (4)Menganalisis keefektifan produk pengembangan E-book Microsoft untuk meningkatkan keterampilan teknologi memanfaatkan shortcut key pada mahasiswa tunanetra.
Metode penelitian R&D dengan mengambil model prosedural ADDIE menjadi Langkah yang dipilih dan dilaksanakan. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian, pre-tes pos-tes, dan angket serta teknik analisa data menggunakan uji kelayakan, kepraktisan serta keefektifan.
Uji validasi menghasilkan E-book Microsoft sudah terbukti sangat layak menurut ahli media dengan perolehan nilai 89, terbukti layak menurut ahli materi dengan perolehan nilai 83. Dan praktisi yang memperoleh ni lai 93, serta hasil keefektifan yang memperoleh nilai rentang mean 0,7 dan terbukti efektif meningkatkan keterampilan teknologi memanfaatkan shortcut key mahasiswa tunanetra.
Muliani Tutik (2024) development of Microsoft e- book to improve shortcut key technology skills for blind students, special education master's study program, Surabaya state university. Supervisor I: Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd, Supervisor II: Dr. Wiwik Widajati, M.Pd.
Key words: e- booke, shortcut key, visually impaired.
The urgency of mastering technology in the current era is an important thing that needs to be mastered by all individuals, including those who are visually impaired (blind).
This research aims to (1) Produce Microsoft e-E-books to improve shortcut key technology skills in blind students, (2) Analyze the feasibility of Microsoft E-book development products to improve shortcut key technology skills in blind students, (3) Analyze the practicality of development products Microsoft e-E-book to improve shortcut key technology skills in blind students, (4) Analyzing the effectiveness of Microsoft e-E-book development products to improve shortcut key technology skills in blind students.
The R&D research method takes the ADDIE procedural model as the step chosen and implemented. This research uses data collection techniques using assessment sheets, pre-test, post-test, and questionnaires as well as data analysis techniques using feasibility, practicality and effectiveness tests.
The validation test resulted in the Microsoft e-E-book being proven to be very feasible according to media experts with a score of 89, proven to be feasible according to material experts with a score of 83. And practitioners who got a score of 93, as well as effectiveness results which obtained a mean range of 0.7 and were proven to be effective improving the shortcut key technology skills of blind students.