Application of Sweet Bread E-module to Improve Student Learning Outcomes at SMK Negeri 8 Surabaya
ABSTRAK
PENERAPAN E-MODUL SWEET BREAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 8 SURABAYA
Nama : Anjani Puri Wardani
NIM : 20050394007
Program Studi : S1 Pendidikan Tata Boga
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Lucia Tri Pangesthi, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan Hasil belajar siswa melalui penerapan e-modul pada mata pelajaran ”sweet bread” di kelas XI SMKN 8 Surabaya, (2) Respon siswa terhadap penerapan e-modul pada element Sweet bread Di kelas XI SMK Negeri 8 Surabaya.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan desain penelitian one shot case study. Pada penelitian ini dilakukan pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Objek penelitian berupa e-modul sweet bread. Instrumen yang digunakan meliputi lembar tes dan angket untuk melihat respon siswa. Adapun teknik analisis data dilakukan secara deskritif kuantitatif.
Perlakuan pada penerapan e-modul dengan metode quasi eksperiment, dimana siswa akan dibagikan e-modul sebagai bahan ajar. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kuantitatif karena data diwujudkan dalam bentuk angka dan dianalisis berdasarkan analisis statistik guna mengetahui data pada penerapan e-modul pada element sweet bread. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa skripsi ini akan membahas tentang ”Penerapan e-Modul Sweet bread untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 8 Surabaya”.
Kata kunci : e-modul, sweet bread, hasil belajar
ABSTRACT
APPLICATION OF SWEET BREAD E-MODULE TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES AT SMK NEGERI 8 SURABAYA
Study Program : S1 Pendidikan Tata Boga
Faculty : Teknik
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dra. Lucia Tri Pangesthi, M.Pd
This study aims to find out: (1) Improvement of student learning outcomes through the application of e-modules in the subject "sweet bread" in class XI of SMKN 8 Surabaya, (2) Student responses to the application of e-modules in the element of Sweet bread in class XI of SMK Negeri 8 Surabaya.
The method used in this study is a quasi-experimental method with a one-shot case study research design.In this study, pre-test and post-test were carried out to determine the improvement of student learning outcomes. The object of the research is in the form of a sweet bread e-module. The instruments used include test sheets and questionnaires to see student responses. The data analysis technique is carried out in a quantitative descriptive manner.
The treatment of the application of e-modules with a quasi-experimental method, where students will be distributed e-modules as teaching materials. In this study, a quantitative descriptive approach is used because the data is manifested in the form of numbers and analyzed based on statistical analysis to find out the data on the application of e-modules on the sweet bread element. Therefore, it can be concluded that this thesis will discuss "The Application of Sweet Bread e-Module to Improve Student Learning Outcomes at SMK Negeri 8 Surabaya".