FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN TERHADAP JASA MAKE UP MELALUI MEDIA ONLINE DI KOTA SURABAYA
FACTORS AFFECTING CONSUMER INTEREST ON MAKE UP SERVICE THROUGH ONLINE MEDIA IN SURABAYA CITY
ABSTRAK
Nama : Dinda Asteria Violita
NIM : 13050634047
Program Studi : S1 Pendidikan Tata Rias
Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Dra. Dewi Lutfiati, M.Kes.
Konsumen jasa Make Up saat ini berkembang pesat, banyak pelaku jasa profesi di bidang tata rias wajah menggunakan media promosi melalui media online seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook. Media online tersebut dapat mempengaruhi minat konsumen. Faktor yang mempengaruhi minat konsumen yaitu (1) Faktor Budaya, (2) Faktor Sosial, (3) Faktor Pribadi, dan (4) Faktor Psikologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen terhadap jasa Make Up melalui media online di Kota Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data angket/kuesioner melalui google form dengan objek penelitian berjumlah 100 responden dan metode analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukan Faktor Budaya melalui uji t dengan nilai signifikasi 0,003 < 0,05 dimana faktor tersebut memiliki peran yang dapat mempengaruhi minat perilaku konsumen terhadap jasa Make Up melalui media online , Faktor Sosial melalui uji t dengan nilai signifikasi 0,026 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa manusia cenderung hidup berkelompok dan merupakan makhluk sosial yang juga dapat mempengaruhi minat konsumen pada jasa Make Up melalui media online , Faktor Pribadi melalui uji t dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang mengabungkan antara tatanan psikologis dan pengaruh lingkungan, termasuk watak dasar seseorang yang dapat mempengaruhi minat konsumen terhadap pemilihan jasa Make Up melalui media online dan Faktor Psikologi melalui uji t dengan nilai signifikasi 0,004 < 0,05 digunakan untuk mengenali perasaan, dan menganalisis informasi sehingga dapat mengambil tindakan dalam menentukan faktor minat konsumen terhadap jasa Make Up melalui media online. Dari tiap faktor minat konsumen secara parsial memperoleh nilai signifikasi uji t yang lebih kecil dari 0,05 dimana hasil tersebut menunjukan bahwa faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi berpengaruh terhadap jasa Make Up melalui media online di Kota Surabaya.
Kata Kunci: Minat Konsumen, Jasa Make Up Online, Media Online
ABSTRACT
Name : Dinda Asteria Violita
Study Program : Bachelor of Make Up Education
Major : Family Welfare Education
Faculty : Engineering
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dra. Dewi Lutfiati., M.Kes
Make Up consumer interest currently grow rapidly. Many professional services in the Make Up field use online media as promotional, such as WhatsApp, Instagram, and Facebook. These online media can influence consumer interest. Factors affecting consumer interest are (1) Cultural Factors, (2) Social Factors, (3) Personal Factors, and (4) Psychological Factors. The aim of this study was to determine the factors that influenced consumer interest in Make Up services through online media in Surabaya.
This type of research was quantitative descriptive by implementing questionnaire/questionnaire data collection techniques through the Google Form involving 100 research respondents and tests while data analysis ulitized Multiple Linear Regression.
The results indicated that the Cultural Factors through t test with a significance value of 0.003 <0.05 where these factors had a role that could affect consumer interest in Make Up services through online media. The Social Factors done through the t test with a significance value of 0.026 <0.05 showed that human tended to live in groups and were social creatures that could also influence consumer interest in Make Up services through online media. The Personal Factors done through the t test with a significance value of 0,000 <0.05 showed that combination of psychological order and environmental influences, including the basic character of someone could affect consumer interest in the selection of Make Up services through online media and Psychological Factors through t test with a significance value of 0.004 <0.05 used to recognize feelings, and analyze information so that they could take action in determining factors of consumer interest in Make Up services through online media. From each factor of consumer interest partially obtained a significance value of t test that was smaller than 0.05 where the results indicated that cultural factors, social factors, personal factors and psychological factors affected Make Up services through online media in Surabaya.
Keywords: Consumer Interests, Online Make Up Services, Online Media