PENERAPAN STRATEGI LISTEN-READ-DISCUSS (LRD) UNTUK MENGAJAR TENTANG TEKS RECOUNT
THE IMPLEMENTATION OF LISTEN-READ-DISCUSS (LRD) STRATEGY TO TEACH READING OF RECOUNT TEXT
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan strategi LRD (Listen-Read-Discuss) dalam pembelajaran membaca teks recount dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa selama pembelajaran membaca teks recount menggunakan strategi LRD. Penelitian ini menggunakan teori membaca dan teori LRD oleh Manzo dan Casale (1985). Penelitian ini menggunakan metode deskriptigf kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Inggris dan siswa kelas X MA Amanatul Ummah Mojokerto. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif, induktif dan interpretatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi LRD dalam pembelajaran membaca teks recount masih kurang efektif dan maksimal. Masalah yang muncul dalam penelitian ini dapat dilihat dari sudut.dari sudut guru, guru mengalami kesulitan dalam mengatur waktu dalam penerapan Langkah-langkah LRD,sedangakan dari sisi siswa, kekurangan kosa kata menjadi penyebab strategi ini tidak berjalan dengan maksimal.
Abstract
This research aims to examine the implementation of the LRD (Listen-Read-Discuss) strategy to teach reading of recount text and to discover the obstacles faced by the teachers and the students during teaching learning reading of recount text using LRD strategy. This research uses theory of reading and theory of LRD by Manzo and Casale. This research is descriptive qualitative. The subjects of this research are two English teachers and X grade students of MA Amanatul Ummah Mojokerto. To obtain the data, the researcher uses observation, interview, and questionnaire. The data were analyzed inductively, qualitatively, and interpretively. The results of this research show that the implementation of LRD strategy to teach reading of recount text is still less successful, less effective, and not maximal. The problems that arise in this study can be seen from the point of view of the teacher, the teacher has difficulty managing the time in implementing the LRD steps, while from the student's point of view, the lack of vocabulary is the reason this strategy does not work optimally.