ABSTRAK
Padmasari,
Dyah Fitria. 2022. Pengaruh Mobile Learning
Sebagai Mindtools Terhadap Pengaturan diri dalam Belajar, Keterampilan Pemecahan Masalah , dan
Pengambilan keputusan Anak Autisme di SMPLB Disertasi,
Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd., (II) Dr. Fajar arianto, M.Pd.
Kata kunci: Mobile
learning , mindtools , pengaturan diri belajar , keterampilan pemecahan masalah , pengambilan keputusan, anak autisme
Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh penggunaan mobile learning sebagai mindtools terhadap pengaturan diri dalam
belajar , keterampilan pemecahan masalah , dan pengambilan keputusan pada anak autisme di SMPLB . Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen yang ditujukan pada peserta didik berkebutuhan khusus
dengan subyek terbatas dan dilakukan dengan rancangan Single Subject Research
(SSR) . Eksperimen yang diberikan berupa mobile learning sebagai mindtools
dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini dipilih SSR dengan desain A-B-A. Sebanyak
empat orang anak autisme tipe asperger syndrome di tingkat Sekolah
Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) diikutsertakan penelitian ini. Hasil
penelitian ini melaporkan bahwa Rerata kemiringan (slope ) menunjukkan 8,01.
hasil R2 dari keempat subjek penelitian, Subjek 1 = 0,2882; Subjek 2
= 0,4238; Subjek 3 = 0,7752; Subjek 4 = 0,7872 yang tergolong sangat efektif
dalam pengaturan diri dalam belajar. Rerata
kemiringan (slope ) pada keempat subjek penelitian yaitu 4,29,
menunjukkan peningkatan atau berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan
masalah penggunaan mobile learning sebagai mindtools . Dilihat
dari R2 keempat Subjek Penelitian, Subjek 1 = 0,3334; Subjek 2 =
0,272; Subjek 3 = 0,3969; Subjek 4 = 0,586, masih berada di rentang antara
0,034 sampai 0,895, dan tergolong sangat efektif terhadap keterampilan
pemecahan masalah. Rerata kemiringan (slope ) sebesar 1,68 yang dapat
dimaknai terjadi pengaruh yang positif. Didasarkan pada R2 dari
Subjek 1 = 0,2363; Subjek 2 = 0,2603; Subjek 3 = 0,2091; dan Subjek 4 = 0,5802,
tergolong cukup efektif terhadap pengambilan keputusan. Dapat disimpulkan bahwa
penggunaan mobile learning sebagai mindtools sangat efektif
terhadap pengaturan diri dalam belajar, keterampilan pemecahan masalah, dan
cukup efektif terhadap pengambilan keputusan anak autisme SMPLB.