ABSTRAK
Hilal
Nur Fuadi, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis PDF Hyperlink Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan
Berfikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Gondang Bojonegoro . Tesis, Program Studi Pendidikan
Teknologi Dan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing:
(I) Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd. Pembimbing: (II) Dr. Warju, S.Pd., S.T., M.T.
Pembelajaran
sejarah secara kovensional sangat rentan menimbulkan kejenuhan dalam diri
siswa, sehingga bisa mengakibatkan penurunan motivasi belajar dan kurang
berkembangya kemampuan bernalar kritis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran PDF hyperlink yang mencakup (1) mengetahui validitas media
pembelajaran, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran, (3) mengetahui peningkatan
motivasi belajar siswa, (4) mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis
siswa.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development/R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan-tahapan yang
dilakukan dalam pengembangan media ini adalah dengan melakukan analisis
berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan media seperti karakteristik dan
kebutuhan belajar siswa, sarana dan prasarana pendukung hingga ketrampilan yang
diharapkan muncul dalam diri siswa. Setelah proses analisis dilanjutkan dengan
tahap membuat desain media, mengembangkan media, menerapkan dan mengevaluasi
penerapan media pembelajaran. Pada saat penerapan dilakukan pengembilan data
melalui angket dan lembar kerja yang diisi oleh siswa yang kemudian dilakukan
analisis data.
Data
penelitian ini didapatkan dari hasil penilaian validator dan angket yang
dikerjakan siswa dari pada saat sebelum dan sesudah menggunakan media
pembelajaran PDF hyperlink . Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik
observasi, pengsian anket dan teknik wawancara. Pelaksanaan penelitian
dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025.
Hasil
penelitian menunjukkan instrumen media pembelajaran mendapatkan rata-rata
skor sebesar 4,68 atau 93,60% menyatakan
kategori valid dan layak untuk digunakan, sedangkan skor validitas angket
motivasi belajar sebesar 4,55 atau 91,00%
dan skor validitas instrumen kemampuan berfikir kritis siswa memperoleh
skor 4,66 atau sebesar 93,02% dan dinyatakan dalam kategori valid sertalayak
digunakan. Pada saat implementasi media pembelajaran PDF hyperlink ini,
siswa terlihat antusias dan bersemangat. Dari data hasil angket yang disi oleh
siswa untuk mengukur peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berfikir kritis
siswa dan dilakukan analisis maka hasilnya menunjukkan bahwa terdapat
perbedaannya signifikan motivasi belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa sebelum
dan sesudah penggunaan media PDF hyperlink.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, PDF Hyperlink,
Motivasi belajar, Kemamapuan berfikir kritis