Hubungan Variasi Akses Kampanye Media Sosial Terhadap Budaya politik Generasi Z Pada Isu Pemilu 2024
The Relationship Between Variations Of Social Media Campaign Access To Generation Z's Political Culture On Election Issues
Variasi akses berarti jalan masuk terhadap aksesnya pada media sosial utamanya digunakan sebagai wadah kampanye politik oleh pasangan calon kandidat yang dapat memengaruhi budaya politik generasi Z meliputi kognitif, afektif dan evaluatif sehingga dapat mempengaruhi pilihan politik yang akan digunakan dalam Pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variasi akses kampanye media sosial terhadap budaya politik generasi Z pada isu pemilu 2024. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh generasi generasi Z yang ada di Kabupaten Sidoarjo dengan metode Quota Sampling yang mengambil sebanyak 6 responden dari masing-masing kecamatan yang ada di Sidoarjo sehingga diperoleh 108 sampel. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi spearman dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara variasi akses terhadap budaya politik generasi Z Sidoarjo dengan Nilai korelasi Spearman 0,542 dan data generasi Z yang tergolong cukup dengan presentase 33%. Sehingga dapat diambil kesimpulan semakin tinggi variasi akses maka semakin tinggi pula budaya politik yang dimilik, maka tipe budaya politik yang dimiliki oleh generazi Z Sidoarjo dalam perannya mengkases isu kampanye politik media sosial juga termasuk dalam budaya politik campuran yakni budaya politik partisipan semi budaya politik kaula . Ditambah generasi Z cukup aktif dalam mengekspresikan preferensi mereka kepada para pasangan calon melalui akses kampanye politik media sosial, tetapi mereka tidak terlalu melibatkan berbagai macam isu tersebut dalam mencampuri keputusan politik yang akan digunakan dalam Pemilu.
Kata Kunci : Variasi Akses, Budaya politik, Generasi Z
Access variation means that the entry point to access on social media is mainly used as a political campaign platform by candidate pairs that can influence the political culture of generation Z including cognitive, affective and evaluative so that it can influence the political choices that will be used in the Election. This study aims to determine the relationship between variations in social media campaign access and the political culture of generation Z on the issue of the 2024 election. The population in this study was all generation Z in Sidoarjo Regency with the Quota Sampling method which took 6 respondents from each sub-district in Sidoarjo so that 108 samples were obtained. The data analysis method used Spearman correlation analysis with prerequisite tests in the form of normality and linearity tests. The results of this study are that there is a positive and significant relationship between variations in access to the political culture of generation Z Sidoarjo with a Spearman correlation value of 0.542 and generation Z data which is classified as sufficient with a percentage of 33%. So it can be concluded that the higher the variation of access, the higher the political culture owned, so the type of political culture owned by generation Z Sidoarjo in its role in accessing social media political campaign issues is also included in a mixed political culture, namely a semi-participatory political culture of the people. In addition, generation Z is quite active in expressing their preferences for candidate pairs through access to social media political campaigns, but they do not involve various issues too much in interfering with political decisions that will be used in the Election.
Keywords: Access Variation, Political Culture, Generation Z