Experiences During Extensive Reading Program For English Department Students
Membaca Ekstensif dianggap penting bagi mahasiswa baru Jurusan Bahasa Inggris karena membantu untuk meningkatkan kemampuan membaca terutama dalam hal komprehensi teks bacaan. Bergabung dengan program Membaca Ekstensif pada tahun-tahun awal pendidikan tinggi bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman isi bacaan serta perbendaharaan kata. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman mahasiswa ditinjau dari pendapat mereka tentang; 1) alokasi waktu selama membaca ekstensif, 2) potensi kendala yang ditemui saat membaca ekstensif, serta 3) panjang teks yang digunakan sebagai materi membaca. Penelitian menyasar subjek mahasiswa jurusan Bahasa Inggris. Jawaban yang didapat dari sebanyak 45 responden kuesioner Pengalaman Membaca Ekstensif dianalisis secara deskriptif dan tematik untuk mencari saran praktis yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen. Selain itu, artikel ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi manfaat dan kekurangan program Membaca Ekstensif di Jurusan Bahasa Inggris. Hasil penelitian secara garis besar menunjukkan beberapa hal yaitu; 1) mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris menilai alokasi waktu telah mencukupi untuk keperluan menyelesaikan tugas membaca ekstensif, 2) kendala yang paling menghambat perkembangan kemampuan komprehensi dalam membaca adalah kosakata sulit serta 3) teks panjang yang menarik dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam membaca ekstensif. Saran praktis yang ditujukan untuk mahasiswa dan dosen disediakan di akhir artikel.
Extensive Reading is deemed essential for freshmen of English Department as it helps to improve students’ reading skills especially comprehension. Joining the Extensive Reading program assigned in early college years helps elevate students’ reading comprehension skills and increase their vocabulary size. This article aims to explore students’ experiences with the Extensive Reading program based on their perceived appraisal on; 1) time allocation during extensive reading, 2) potential obstacles found during extensive reading as well as 3) the length of text used as reading materials. This study took English Department’s students as its subject. The answers gained from 45 respondents of Extensive Reading Experience questionnaire were later analyzed in descriptive and thematic fashion to form practical suggestions for college students and lecturers. In addition, this article can also be used to identify the benefits and drawbacks of the Extensive Reading program provided by English Department. The results of the study in general showed that; 1) English Department’s students regard the time allocation as sufficient for completing extensive reading assignments, 2) the obstacle that hinders the development of comprehension skills in reading the most is difficult vocabulary and 3) long, interesting texts can increase student motivation to read extensively. Further recommendations would be served at the end of the article.