Pengembangan Media Permainan Pada Materi Asam Basa dan Pengaruhnya Terhadap Self Regulated Learning
Development of Media Game on Acid-Base Material and its Effect on Self Regulated Learning
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan permainan chemistry racing challenge berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, lembar angket belajar mandiri, dan lembar soal tes. Uji coba penelitian ini adalah 18 peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Hasil validasi mendapatkan modus skor ≥3 dengan kategori baik. Uji kepraktisan mendapat skor ≥61% untuk setiap tujuan dengan kategori sangat praktis. Keefektifan permainan sebagai media pembelajaran dilihat dari hasil belajar peserta didikdan self-regulated learning. Ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 61%, adapun untuk kemampuan self regulated learning peserta didikmendapatkan respon ≥80,1% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan Chemistry Racing Challenge valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Asam basa, Self regulated learning, chemistry racing challenge
This study aims to obtain an Android-based chemistry racing challenge game as a learning media for acid-base materials. The research method used is research and development (R&D). The instruments used are validation sheets, student response questionnaire sheets, self-regulated learning questionnaire sheets, and test question sheets. The trials of this research were 18 students of SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. The validation results get a score mode of ≥ 3 with a good category. The practicality test scored ≥ 61% for each goal with a very practical category. The effectiveness of games as learning media is seen from student learning outcomes and self-regulated learning. The classical completeness achieved is 61% as for the ability of results to self-regulated learning students get a response of ≥ 80.1% with a very good category. Thus, it can be concluded that the Chemistry Racing Challenge game is valid, practical, and effective as a game as learning media.
Keywords: Learning Media, acid-base, self-regulated learning, chemistry racing challenge