PENGEMBANGAN MEDIA GAMIFIKASI MATERI PEMBELAHAN SEL UNTUK MENINGKATKAN WORKING MEMORY SISWA
Media gamifikasi materi pembelahan sel adalah sebuah media pembelajaran berbasis elemen permainan seperti skor, leaderboard, quest, badges, dan level untuk mempelajari tahapan pembelahan sel. Working memory merupakan bagian dari memori jangka pendek yang berfungsi untuk menyimpan dan memanipulasi informasi sehingga membantu dalam suatu proses pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini diharapkan mampu untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelahan sel dengan meningkatkan central executive, visuospatial sketchpad, episodic buffer, dan phonological loop di dalam working memory. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media gamifikasi materi pembelahan sel untuk meningkatkan working memory siswa dengan pemanfaatan teknologi. Hasil penelitian validitas media gamifikasi materi pembelahan sel sebesar 0,94 dengan kriteria validitas tinggi. Media gamifikasi dinyatakan sangat praktis dengan skor sebesar 94. Hasil keefektifan menunjukkan adanya perubahan peningkatan skor siswa dalam pretest, middle test, dan posttest.
Kata Kunci : media gamifikasi, pembelahan sel, working memory
Cell division material gamification is a learning medium based on game elements such as scores, leaderboards, quests, badges, and levels to learn the stages of cell division. Working memory is part of a short-term memory that serves to store and manipulate information, thus assisting in a learning process. A type of research is developing the ADDIE model with analytical, design, development, implementation, and evaluation stages. This research will help students understand cell division material by improving central executives, visuospatial sketchpads, episodic buffers, and phonological loops in working memory. This study aimed to develop a medium of gamification of cell division material to improve students' working memory with the use of technology. The results of a study on the validity of cell division material gamification media were 0.94, with high validity criteria. Gamification media are considered highly practical, with a score of 94. The effectiveness results show changes in pretest, middle test, and posttest student scores.
Keywords : gamification media, cell division, working memory