Diskam merupakan kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang dibentuk untuk menanamkan karakter disiplin kepada peserta didik dan meningatkan keamanan di lingkungan sekolah. agar tujuan sebuah program tercapai secara efektif dan efisien maka dibutuhkan pengelolaan program diskam. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang 1) Perencanaan program diskam dalam menumbuhkan karakter peserta didik; 2) Pelaksanaan program diskam dalam menumbuhkan karakter disiplin peserta didik; dan 3) evaluasi program diskam dalam menunmbuhkan karakter disiplin peserta didik di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan membercheck. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah 1) Tahap Pra Lapangan; 2) Tahapan Kegiatan Lapangan; 3) Tahapan analisis intensif.
Hasil penelitian terkait manajemen program diskam dalam menumbuhkan karakter disiplin di SMP Negeri 2 Taman menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan program diskam di SMP Negeri 2 Taman meliputi penentuan tujuan yang akan dicapai dimasa yang akan datang dengan menggunakan beberapa tahapan dalam pembentukan program diskam, dan menganalisis bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembentukan program diskam; 2) Pelaksanaan program diskam di SMP Negeri 2 Taman Kabupaten Sidoarjo yakni pembentukan kepengurusan anggota diskam. Kegiatan selanjutnya adalah proses pembinaan yang dilaksanakan ketika tahapan selesksi anggota diskam dengan pembentukan karakter peserta didik. Cara kerja diskam dibagi menjadi beberapa tugas pokok dan pos masing-masing yang dilaksanakan oleh anggota diskam sesuai dengan jadwal piket yang telah ditentukan. Peraturan yang ada didalam organisasi harus ditaati oleh anggota diskam, dan segala jenis peraturan terdapat pada buku pribadi peserta didik yang diberikan oleh sekolah; 3) Tingkat ketercapaian program diskam dalam menumbuhkan karakter disiplin peserta didik yakni 80%-85%. Program diskam ini memberikan dampak bagi peserta didik yakni pembentukan karakter yang sangat bagus, sopan santun anggota diskam yang bagus serta peserta didik memiliki manajemen waktu yang baik. Pengawasan anggota diskam secara administratif dilakukan setiap semester, namun secara tidak langsung pengawasan.
Kata Kunci : manajemen, karakter disiplin, ekstrakurikuler
Diskam is a school extracurricular activity that was formed to instill discipline in students and to enhance security in school environment. In order to reach the purpose of a program effectively and efficiently, it requires the management of diskam. This study aims to describe and to analyse 1) Diskam program planning in building character of students; 2) The implementation of diskam program in building discipline character of students; and 3) Evaluation of diskam program in developing the discipline character of students in State Junior High School 2 Taman Sidoarjo.
This study used a qualitative approach with a case study method. Retrieval of data was done using interview, observation, and documentation study. The analysis of data used was using data condensation, data presentation, and data verification. The validity test of data was done using source of data triangulation, technical triangulation, and member check. The validity of data was checked through credibility test, transferability test, dependability test, and conformability test. The stages taken in conducting this research are 1) Pre-field phase; 2) Field research; and 3) Intensive analysis.
The results of research related to diskam management programs in building the character of discipline in State Junior High School 2 Taman Sidoarjo indicated that 1) Diskam program planning in State Junior High School 2 Taman includes determining the objectives to be achieved in the future by using several stages in forming diskam programs, and by analysing activities that will be carried out in forming diskam program 2) The implementation of diskam program in State Junior High School 2 Taman Sidoarjo are the formation of diskam member. The next activity is a coaching process which is carried out when members’ selection is being held along with character building of the students. The way how diskam works is divided into several main tasks and their respective posts which are conducted by members based on the prescribed picket schedule. Regulations that exist within the organization must be obeyed by all members, and all types of regulations are contained in the personal books of students given by the school; 3) The level of achievement of diskam programs in building the character of student discipline is 80% -85%. This program has impacts on students, namely a very good character building, good manners, and good time management. Administrative supervision of members is conducted every semester, but indirectly supervision.
Keywords : management, discipline character, extracurricular