Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakaan laboratorium virtual yang dikembangkan. Laboratorium virtual adalah media pembelajaran yang menyajikan materi mengenai kimia unsur oksigen dan ilustrasi praktikum pembuatan oksigen secara kimiawi. Kelayakan laboratorium virtual dinilai berdasarkan kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian model 4P (Pendefinisian, Perencanaan, Pengembangan, dan Pendesiminasian) oleh Ibrahim & Wahyusukartiningsih, namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan. Objek penelitian ini adalah 12 peserta didik SMA Negeri 22 Surabaya. Uji coba terbatas dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian one shot design. Hasil yang diperoleh selama penelitian berlangsung adalah sebagai berikut: 1) Validitas isi dari laboratorium virtual memperoleh persentase skor penilaian sebesar 91,35% atau dalam kategori sangat valid dan validitas konstruk dari laboratorium virtual memperoleh persentase skor penilaian sebesar 91,90% atau dalam kategori sangat valid.; 2) Kesesuaian aktivitas peserta didik dengan aktivitas yang diharapkan muncul memperoleh persentase skor sebesar 92,78% atau dalam kategori sangat praktis dan respon peserta didik terhadap laboratorium virtual memperoleh persentase skor sebesar 98,04% atau dalam kategori sangat praktis.; dan 3) Sebesar 91,67% peserta didik memperoleh hasil belajar pada ranah kognitif yang dinyatakan tuntas secara individu dan sebesar 100% peserta didik memperoleh hasil belajar pada ranah psikomotorik yang dinyatakan tuntas secara individu, sehingga dikatakan efektif oleh karena ketuntasan hasil belajar secara klasikal telah tercapai. Dari hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa laboratorium virtual yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada sub materi kimia unsur oksigen.
Kata kunci: laboratorium virtual, media pembelajaran, kelayakan, kimia unsur oksigen.
This study aims to determine feasibility of virtual laboratory that was developed. Virtual laboratory is learning medium that presents material about element chemistry of oxygen and illustrations of practicum for making oxygen chemically. Feasibility of virtual laboratory is assessed based on validity, practicality, and effectiveness. The type of research used is 4P research model (Define, Design, Develope, and Dessiminate) by Ibrahim & Wahyusukartiningsih, but in this study it was limited to reach develope stage. Object of this research is 12 students of Surabaya 22 High School. Limited trials were carried out using the research design by one shot design. Results that were obtained during study areas follow: 1) Validity of virtual laboratory obtained an evaluation score percentage of 91.35% or in very valid category and construct validity from virtual laboratory obtained an evaluation score percentage of 91.90% or in very category valid; 2) Suitability of activities of students with activities that are expected to emerge gets score percentage of 92.78% or in very practical category and response of students to virtual laboratory gets score percentage of 98.04% or in very practical category; and 3) About 91.67% of students obtained learning outcomes in cognitive realm which were stated to be complete individually and as many as 100% of students obtained learning outcomes in psychomotor domain which were stated to be completed individually, so it said to be effective because the completeness of classical learning outcomes has been achieved. From the results that were obtained, it can be concluded that virtual laboratory was declared feasible to be used as learning medium on the element chemistry of oxygen.
Keywords: virtual laboratory, learning medium, feasibility, element chemistry of oxygen.