Pola Wacana Argumentasi Gelar Wicara Bertema Covid-19: Kajian Pragma-dialektikal
Discourse Patterns of Argumentation Hold Speeches on the Theme of Covid-19: A Pragma-dialectics Study
Kamariah. 2023. NIM 19070956015 Pola Wacana Argumentasi Gelar Wicara Bertema Covid-19: Kajian Pragma-dialektikal. Disertasi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing (1) Prof. Dr. Kisyani, M.Hum. (II) Dr. Agusniar Dian Savitri, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: pola wacana, pragma-dialektikal, potensi topik, tindak tutur, skema argumentasi
Tujuan penelitian ini adalah menemukan pola wacana argumentasi melalui (1) penemuan pola potensi topik pada gelar wicara bertema Covid-19; (2) penemuan pola tindak tutur argumentasi pada gelar wicara bertema Covid-19; (3) penemuan pola skema argumentasi pada gelar wicara bertema Covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan kajian pragma-dialektikal. Data penelitian berupa tuturan lisan pemandu acara dan narasumber pada gelar wicara Mata Najwa dan Rosi yang berjumlah sepuluh buah. Instrumen penelitian menggunakan transkripsi data tuturan speechnotes dan tabel pengumpul data. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan Focus Group Discussion (FGD), triangulasi, dan auditor eksternal.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya pola wacana argumentasi pada gelar wicara bertema Covid-19 berupa (1) pola potensi topik dengan tujuan retoris dan tujuan dialektis yang membentuk potensi wacana argumentasi dalam setiap tahap diskusi kritis. (2) pola tindak tutur argumentasi berupa tindak tutur asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Tindak tutur tersebut mempunyai peran yang berbeda dalam setiap tahap diskusi kritis. Tindak tutur asertif ditemukan pada tahap konfrontasi, argumentasi, dan penutup. Pola tindak tutur direktif, pola ini ditemukan pada tahap konfrontasi, tahap pembuka, dan tahap argumentasi. Pola tindak tutur komisif, ekspresif, dan deklaratif ditemukan pada semua tahap diskusi kritis. (3) pola skema argumentasi terdiri dari pola skema argumentasi pendapat ahli, analogi, konsekuensi positif dan negatif, pendapat umum, dan sebab akibat. Temuan atau novelty yang menjadi kontribusi akademis pengembangan ilmu pragma-dialektial berdasarkan penelitian ini berupa tiga pola wacana argumentasi yakni, pola potensi topik, pola tindak tutur argumentasi, dan pola skema argumentasi. Berdasarkan ketiga pola tersebut ditemukan tujuh pola strategi argumentasi yang dapat diterapkan dalam diskusi kritis. Pola tersebut adalah pola fungsionalisasi, pola sosialisasi, pola eksternalisasi, pola dialektifikasi, dan pola metafora, pola semantik, dan pola epistemik. Ketujuh pola strategi argumentasi tersebut dapat diterapkan dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Merdeka Belajar berarti belajar, berpikir, berfilsafat, dan mencari informasi. Pernyataan tersebut relevan dengan tujuh pola strategi argumentasi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi yakni berbahasa dan bernalar kritis-kreatif.
ABSTRACT
Kamariah. 2023. NIM 19070956015 Discourse Patterns of Argumentation Hold Speeches on the Theme of Covid-19: A Pragma-dialectics Study. Dissertation, Language and Literature Education Study Program, Faculty of Language and Art, Universitas Negeri Surabaya, Advisor (1) Prof. Dr. Kisyani, M. Hum. and (II) Dr. Agusniar Dian Savitri, S.S., M.Pd.
Keywords: discourse patterns, pragma-dialectics, potential topics, speech acts, argumentation schemes
The purpose of this study was to find patterns of argumentative discourse through (1) finding patterns of potential topics in the Covid-19-themed speeches; (2) finding patterns of argumentative speech acts in speeches on the theme of Covid-19; (3) discovery of the pattern of argumentation schemes in a talk show on the theme of Covid-19. The method used in this study is descriptive qualitative with pragmatic-dialectical studies. The research data was in the form of the oral speech of the show guide and resource person in the ten speech titles of Mata Najwa and Rosi. The research instrument used transcription of speech notes and data collection tables. Data validity testing techniques used Focus Group Discussion (FGD), triangulation, and external auditors.
Based on the results of the research, it was found that there was a pattern of argumentative discourse in the talk show themed Covid-19 in the form of (1) a pattern of potential topics with rhetorical and dialectical goals that formed the potential for argumentative discourse in each stage of critical discussion. (2) the pattern of argumentation speech acts in the form of assertive, directive, commissive, expressive, and declarative. These speech acts have different roles in each stage of critical discussion. Assertive speech acts are found in the confrontation, argumentation, and closing stages. The pattern of directive speech acts; this pattern is found in the confrontation stage, the opening stage, and the argumentation stage. The patterns of commissive, expressive, and declarative speech acts are found in all stages of critical discussion. (3) the argumentation schema pattern consists of expert opinion argumentation scheme patterns, analogies, positive and negative consequences, public opinion, and cause and effect. The findings or novelties that are academic contributions to the development of pragma-dialectal science based on this research are in the form of three patterns of argumentation discourse: patterns of potential topics, patterns of argumentative speech acts, and patterns of argumentation schemes. Based on these three patterns, seven patterns of argumentation strategies are found that can be applied in critical discussion. These patterns are functionalization patterns, socialization patterns, externalization patterns, dialect fiction patterns, symbolic patterns, semantic patterns, and epistemic patterns. The seven patterns of argumentation strategies can be applied in the Free Learning Curriculum. Independent Learning means learning, thinking, philosophizing, and seeking information. This statement is relevant to the seven patterns of argumentation strategies that can be applied to improve literacy skills, namely language and critical-creative reasoning.