Perkembangan teknologi mendorong perubahan perilaku berbelanja masyarakat dari offline menjadi online dengan menggunakan e-commerce. Perkembangan penggunaan media sosial juga berdampak pada kecenderungan konsumen untuk memperoleh dan mencari informasi mengenai e-commerce yang berupa e-WOM. Salah satu bentuk e-WOM yaitu e-WOM negatif. E-WOM negatif berperan dalam mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap e-commerce yang selanjutnya dapat memunculkan niat untuk melakukan pembelian. Terdapat beberapa faktor yang dapat mendukung niat beli yaitu kepercayaan konsumen dan e-WOM negatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-WOM negatif terhadap niat beli melalui kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi (studi pada E-commerce JD.id). Responden dalam penelitian ini merupakan konsumen yang belum pernah melakukan pembelian di JD.id dan pernah melihat komentar orang lain di instagram JD.id dengan usia minimal 19 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling dengan sampel 200 responden dengan teknik analisis Path Analisis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-WOM negatif berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen, kepercayaan berpengaruh terhadap niat beli, dan e-WOM negatif berpengaruh terhadap niat beli, dengan mediasi terbukti secara parsial (partially mediated).
kata kunci: e-WOM negatif, kepercayaan konsumen, niat beli
Technological developments are driving changes in people's shopping behavior from offline to online using e-commerce. The development of the use of social media also has an impact on consumers' tendency to obtain and seek information about e-commerce in the form of e-WOM. One form of e-WOM is negative e-WOM. E-WOM has a negative role in influencing consumer confidence in e-commerce which can then lead to an intention to make a purchase. There are several factors that can support purchase intention, namely consumer confidence and negative e-WOM.
This study aims to determine the effect of negative e-WOM on purchase intentions through consumer trust as a mediating variable (study on JD.id E-commerce). Respondents in this study are consumers who have never made a purchase at JD.id and have seen other people's comments on JD.id on Instagram with a minimum age of 19 years. This type of research is a quantitative study with a sampling technique used is snowball sampling with a sample of 200 respondents with Path Analysis analysis techniques.
The results of this study indicate that e-WOM negatively influences consumer confidence, trust influences purchase intention, and e-WOM negatively influences purchase intention, with mediation being proven partially (partially mediated).
keywords: negative e-WOM, consumer confidence, purchase intention