PENERAPAN MEDIA AUDIO DAN VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MAKEUP FANTASI BAGI SISWA TATA KECANTIKAN SMK
IMPLEMENTATION OF AUDIO AND VISUAL MEDIA IN LEARNING FANTASY MAKEUP FOR BEAUTY MANAGEMENT STUDENTS VOCATIONAL HIGH SCHOOL
Penerapan media audio dan visual dalam pembelajaran makeup fantasi bagi siswa tata kecantikan SMK berdasarkan studi literatur media dan argumentasi penulis media ini efektif digunakan. Media dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi, sedangkan media audio dan visual merupakan saluran yang digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi melalui audio (suara) dan visual (gambar). Makeup fantasi salah satu mata pelajaran yang terdapat pada kurikulum jurusan tata kecantikan. Heterogenitas yang ada dalam kelas menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk para pengajar dalam menyampaikan materi sehingga penerapan pembelajaran sangat membantu untuk tercapainya tujuan-tujuan dari mata pelajaran tersebut. Media audio dan visual ini sangat cocok diterapkan di mata pelajaran makeup fantasi karena dapat membangun afektif, kognatif dan keterampilan siswa sehingga membangun interest saat pembelajaran. Jika dibandingkan dengan media cetak, media ini lebih menarik dengan berbagai referensi yang dapat dilihat dan didengar. Penerapan ini erat dengan karakter millenial zaman sekarang dengan berbagai sumber dan akses yang yang luas seperti youtube, pinterest, media sosial dan lain sebagainya. Media audio dan visual ini mudah digunakan akan tetapi memerlukan biaya tambahan untuk perlengkapan penunjang audio dan visual. Dengan media ini dapat menunjang kretifitasan siswa dalam menciptakan karya makeup fantasi dengan berbagai model yang sesuai. Tujuan artikel adalah untuk mengetahui 1) media pembelajaran audio dan visual dalam pembelajaran makeup fantasi, 2) kelebihan dan kelemahan media pembelajaran audio dan visual. Berdasarkan hasil studi literatur dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran media audio dan visual pada makeup fantasi di SMK dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan motivasi, kreatif siswa dalam kegiatan pembelajaran
The application of audio and visual media in the learning of fantasy makeup for vocational beauty students based on the study of media literature and the arguments of the authors of this method is effectively used. Media can be interpreted as a form and channel that can be used in a process of presenting information, while audio and visual media are channels that are used to convey information through audio (sound) and visual (picture). Fantasy makeup is one of the subjects in the beauty majors curriculum.. Heterogeneity in the classroom becomes a challenge for teachers in delivering material so that the application of learning is very helpful for the achievement of the objectives of the subject. This audio and visual media is very suitable to be applied in the subjects of fantasy makeup because it can build students' affective, cognitive and skills so as to build interest in learning. When compared with print media, this method is more interesting with various references that can be seen and heard. This application is closely related to today's millennial character with a wide variety of sources and access such as YouTube, Pinterest, social media and so on. The purpose of the article is to find out 1) audio and visual learning media in learning fantasy makeup, 2) strengths and weaknesses of audio and visual learning media. Based on the results of the literature study, it can be concluded that the application of audio and visual media learning methods to fantasy makeup in Vocational Schools can increase the activeness and learning outcomes of students and can increase motivation, creative students in learning activities