Pendidikan merupakan sarana terpenting untuk membentuk
karakteristik bangsa. Dalam dunia pendidikan ada empat masalah utama pendidikan
yang ada di Indonesia. Masalah tersebut meliputi kurikulum, guru, budaya
literasi, serta buku teks yang digunakan oleh siswa di dalam kelas. Keempat
masalah tersebut saling berhubungan satu sama lain.
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pemanfaatan bahan ajar sejarah dengan pendekatan ilmu – ilmu sosial
untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Trenggalek. Peneliti
fokus pada satu kelas, yakni XII IPS 1. Dari data yang telah dihimpun oleh
peneliti bahwa sekolah telah menyiapkan beberapa buku paket sebagai penunjang
belajar siswa, LKS (Lembar Kerja Siswa). Selain itu, sekolah juga memfasilitasi
wifi untuk menunjang pembelajaran siswa di dalam kelas.
Rumusan masalah dari penelitian
ini adalah 1) Bagaimana kelayakan bahan ajar dengan menggunakan pendekatan ilmu
sosial pada pembelajaran di SMA Negeri 1 Trenggalek? 2) Bagaimana bahan ajar
dengan pendekatan ilmu sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri
1 Trenggalek?
Kelayakan bahan ajar diukur
dengan menggunakan skala Guttman dimana lebih dari 61% respon siswa
dapat dianggap bahan ajar layak untuk digunakan di dalam proses pembelajaran.
Pada penelitian ini, 73% siswa merespon dan bahan ajar ini dapat dikatakan
layak. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat setelah diadakan post test pada akhir pertemuan.
Kata kunci: Buku Teks, Kelayakan Bahan Ajar, Hasil
Belajar.
Abstract
Education is the most important means to
shape the characteristics of the nation. In the world of education there are
four main educational problems in Indonesia. These problems include curriculum,
teachers, literacy culture, and textbooks used by students in the classroom.
The four problems are related to each other.
This study aims to determine the
utilization of historical teaching materials with a social science approach to
improve student learning outcomes in Trenggalek 1 High School. The researcher
focuses on one class, namely XII IPS 1. From the data collected by researchers
that the school has prepared several textbooks as supporting students'
learning, LKS (Student Worksheet). In addition, the school also facilitates
wifi to support student learning in the classroom.
The formulation of the problem from this
study is 1) What is the feasibility of teaching materials using the social
science approach to learning in Trenggalek 1 High School? 2) How can teaching
materials using the social science approach improve the learning outcomes of
Trenggalek 1 High School students?
The feasibility of teaching materials is
measured using the Guttman scale where more than 61% of students' responses can
be considered appropriate teaching materials to be used in the learning
process. In this study, 73% of students responded and this teaching material
could be said to be feasible. While student learning outcomes increase after a
post test is held at the end of the meeting.
Keywords: Textbooks, Feasibility
of Teaching Materials, Learning Outcome.