Tingkat keberhasilan
pelaksanaan suatu proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor,
diantaranya adalah perbedaan kemampuan siswa, pembelajaran yang monoton, dan
terfokus pada buku. Sebagaimana diketahui siswa memiliki kemampuan yang berbeda
dalam rangka mengoptimalkan hasil belajar siswa dibutuhkan cara atau model
pembelajaran yang menyesuaikan dengan perbedaan kemampuan siswa. ada beberapa
model yang bisa diterapkan dalam pembelajaran matematika, salah satunya model learning Cycle. Jenis penelitian ini adalah pengembangan perangkat
model learning cycle- E.P.D.C.R (Exploring, Planning, Doing, Communcating ,
Reflecting) dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok
bahasan materi bentuk-bentuk pecahan yang praktis, valid, dan efektif. Proses
pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (Four D Model) yang
memuat empat tahapan, diantaranya ialah: tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design) , tahap pengembangan (development), dan tahap
penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini terbatas hanya pada
sampai tahap pengembangan saja. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi
RPP, Bahan Ajar, dan LKPD. Uji coba dilakukan pada 28 siswa kelas IV SDN Bohar.
Data dianalisis secara kolaborasi antara kualitatif dan kuantitatif dengan data
yang diperoleh sebagai berikut : kevalidan RPP berkategori valid (4,18), kevalidan
Bahan Ajar berkategori valid (4,133) sedangkan LKPD berkategori valid (4,3)
dari skor maksimum 5 masing-masing
perangkat pembelajaran dinilai praktis dengan presentase 92,85 % menyatakan
siswa berminat terhadap pembelajaran menggunakan model learning cycle – E.P.D.C.R.
Aktivitas siswa memeuhi kriteria efektif 90,48%, keterlaksanaan sintaks pembelajaran memenuhi
kriteria efektif 81,25 % serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan
memenuhi batas ketuntasan 75%.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, learning
cycle- E.P.D.C.R, pecahan,
Hasil Belajar