ANALISIS STRATEGI VISUAL BRANDING FLIP BURGER DENGAN PENDEKATAN TEORI BRANDING MARTY NEUMEIER
THE ANALYSIS OF FLIP BURGER'S VISUAL BRANDING STRATEGY USING MARTY NEUMEIER'S BRANDING THEORY APPROACH
Di era digital, Instagram adalah salah satu media sosial berbasis visual yang diminati masyarakat, banyaknya pengguna aktif mengakibatkan arus informasi mengalir deras. Instagram menduduki urutan keempat dengan penonton iklan terbanyak di Indonesia, dengan demikian pemanfaatan Instagram dapat dimaksimalkan untuk membangun hubungan antara perusahaan dengan masyarakat agar kepercayaan terhadap merek tercipta. Salah satu caranya adalah visual branding, membentuk persepsi mengenai sebuah merek melalui stimulus visual. Flip Burger, salah satu perusahaan di Indonesia yang mengaplikasikan visual branding di Instagram. Berawal dari penampilan yang tidak umum, memunculkan pertanyaan yang lebih besar mengenai keseluruhan strategi visual branding Flip Burger di Instagram. Melalui penelitian deskriptif kualitatif dengan metode tinjauan desain dan pendekatan teori brand building Marty Neumeier, artikel ini menunjukkan bahwa pada tahun pertama Flip Burger menggunakan strategi innovate sebagai pondasi dalam membangun merek dan collaborate sebagai promosi. Pada tahun kedua, menggunakan strategi differentiate sebagai solusi dari masalah di tahun pertama, collaborate sebagai solusi atas dua pilar perusahaan yang lemah, validate untuk mengukur seberapa jauh variasi visual di tahun kedua diterima oleh masyarakat. Pada tahun ketiga Flip Burger melakukan strategi cultivate, dengan terus berproses dan mengolah yang telah dimiliki.
In the digital age, Instagram is one of the interesting visual-based social media, a number of active users use the flow of information to flow swiftly. Instagram ranks fourth with the largest ad audience in Indonesia, so the use of Instagram can be maximized to build relationships between companies and the public in order to create trust in the brand. One of the way is visual branding, forming perceptions about a brand through visual stimulus. Flip Burger is one of the companies in Indonesia that applies visual branding on Instagram. Starting with an unusual appearance, raises bigger questions about the overall Flip Burger visual branding strategy on Instagram. Through a qualitative descriptive research, design review method and Marty Neumeier's brand building theory approach, This article shows that in the first year Flip Burger used an innovate strategy as a foundation in building a brand and collaborate as a promotion. In the second year, using a differentiate strategy as a solution to the problem in the first year, collaborate as a solution for two weak pillars, validate to measure how far the visual variation in the second year is accepted. In the third year, implemented a cultivate strategy, by continuing process.