Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan peserta didik berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatakn keterampilan berpikir kritis pada mata pelajara ekonomi kelas X SMA, yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan 1) kelayakan lembar kegiatan peserta didik yang dihasilkan, 2) respon peserta didik terhadap lembar kegiatan peserta didik yag dihasilkan, dan 3) efektifitas penggunaan lembar kegiatan peserta didik yang dihasilkan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan, Semmel, dan Sammel (1947) yang meliputi define, design, develop, dan dessiminate. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitaif yang diperoleh dari telaah dan validasi para ahli serta pengisian angket pendidik dan peserta didik. Desain uji coba yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-experimental design dengan bentuk one grub pretest-posttest yang hasilnya dianalisis dengan menggunakan n-gain. Hasil dari penelitian ini adalah 1) berdasarkan penilaian dari ahli materi lembar kegiatan peseeta didik yang dihasilkan memperoleh presentase sebesar 98%, ahli bahasa 91%, dan ahli grafis 85%. Dari penilaian ketiga ahli tersebut diperoleh rata- rata persentase sebesar 89,6% sehingga dapat dikategorikan “sangat layak”, 2) respon peserta didik menunjukkan bahwa lembar kegiatan peserta didik yang dihasilkan dikategorikan “sangat layak” karena persentase penilaiannya mencapai 83,9%, 3) uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa lembar kegiatan peserta didik yang dihasilkan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik hal ini dibuktikan bahwa pada uji coba terbatas n-gain menunjukkan rata- rata sebesar 0,5 dengan presentase efektivitas sebesar 95% dan pada saat uji coba lapangan n-gain menunjukkan rata- rata sebesar 0,7 dengan presentase efektivitas sebesar 97%.
The research’s purpose to develop a sheet of student activities based on a contextual approach to improve critical thinking skills in economic subjects of class X high school, which purpuse to analyze and describe 1) the feasibility of the resulting student activity sheet, 2) student responses to participants' activity sheets the students produced, and 3) the effectiveness of using the resulting student activity sheet on improving critical thinking skills. This study uses the 4D development model of Thiagarajan, Semmel, and Sammel (1947) which includes define, design, develop, and dessiminate. The types of data in this study are qualitative and quantitative data obtained from the study and validation of experts as well as filling in the questionnaire of educators and students. The trial design used in this study was pre-experimental design with the form of one grub pretest-posttest whose results were analyzed using n-gain. The results of this study are 1) based on the assessment of the experts the material produced by the student training sheet gets a percentage of 98%, 91% linguist, and 85% graphic expert. From the assessment of the three experts, the average percentage was 89.6% so that it could be categorized as "very feasible", 2) the response of students showed that the resulting activity sheet of students was categorized as "very feasible" because the percentage of assessment reached 83.9%, 3) limited trials and field trials show that the resulting student activity sheet is effective in improving students' critical thinking skills, this is evidenced that in limited n-gain trials showed an average of 0.5 with a percentage of effectiveness of 95% and when the n-gain field trial shows an average of 0.7 with a percentage of effectiveness of 97%.