Bahasa Trans Pendekatan Baru Menuju Sukses Dalam Bilingualisme dan Multilingualisme
Translanguage a New Approach to Gain Success in Bilingualism and Multilingualism
Penelitian ini berfokus pada penerapan TL dalam dunia bilingual dan multilingual. Berkaitan dengan interaksi masyarakat di era globalisasi, penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan perbedaan antara translanguage dan code switching menuju keberhasilan menjadi bilingual. Subjek pada penelitian ini merupakan dua mahasiswa asing yang belajar di Unesa melalui program beasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi penerapan translanguage dan code switching selama phenomenan dan apa yang membedakannya. Pembahasan dari teori translanguage dan code switching telah menjadi pro dan kontra dalam dunia bilingual. Untuk membuat hasil yang kuat dan nyata mengenai permasalahan ini, penelitian ini dilakukan tidak di wilayah ruang kelas melainkan lebih ke pendekatan individu. Tidak seperti kebanyakan penelitian yang telah berlangsung beberapa abad, pendekatan ini dilakukan untuk membantu peneliti mendapatkan analisis dan data yang luas berkaitan dengan penerapan yang dulu dengan masa sekarang secara mendalam. Analisis data yang didapat menunjukkan beberapa indikasi yang membedakan kedua teori pada penggunaan dan penerapannya. Data menunjukkan proses pembentukan bahasa sasaran dari individu dipengaruhi beberapa faktor penggunaan bahasa yang digunakan. Penggabungan pada struktur sistem bahasa yang digunakan serta diterapkan dari satu bahasa ke bahasa yang lain menghasilkan komunikasi yang lebih luas. Berbeda dengan code switching, hal ini membuktikan bahwa translanguage berdiri sebagai sebuah produk baru dalam dunia bilingual dan multilingual
This study focused on how TL conceptualized in the world of bilingualism and multilingualism. In connection with the interaction of society in the globalization era, the study aimed to compare how translanguage covers code switching in bringing success in bilingualism. The subject in this study was two foreign students who studied in Unesa under the Scholarship program. The study was done to explore how translanguage and code switching applied during the phenomena and what distinguishes them. The topic of this translanguage and code switching theories have been pros and cons in the world of bilingualism. To build a concrete and strong result regarding the issue, the research was done not in the classroom dimension but more to individuals dimension. Unlike most of the researches that have been going for decades, this approach was done to improve the data, analysis gain, and results in a broad and depth-analysis related to their historical and current application. The analysis of the data gained showed some indications that distinguished the two theories on their respective use and application. The data showed that an individuals process in constructing the targeted language influenced by some factors that affect the use of language when performed. The integration in language structural system from one language to another performed during practice led to a more comprehensive communication. Unlike code switching, the process itself supports the students in mastering bilingual and this is proved that translanguage stands as a whole new product in bilingualism and multilingualism world.