ABSTRAK
PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MELATIHKAN
KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMA KELAS XI MATERI ASAM BASA
Nama : Alifia Fahtati Nuriana
NIM : 15030194067
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Jurusan : Kimia
Fakultas : Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Harun Nasrudin, M.S.
Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks pembelajaran,
aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran, keterampilan komunikasi
peserta didik yang berupa kualitas dan kuantitas, serta ketuntasan hasil
belajar setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) . Jenis penelitian
yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sasaran penelitian peserta
didik kelas XI IPA SMAN 11 Surabaya sebanyak 36. Desain penelitian yang
digunakan adalah One Group Pretest
Posttest Design. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi dan metode
tes. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan model
pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi
keterampilan komunikasi, dan lembar penilaian pretest posttest . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Keterlaksanaan sintaks model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) termasuk dalam kriteria sangat baik dengan
persentase rata-rata setiap pertemuan 91,67%, 93,75%, dan 93,75%. (2)Aktivitas
peserta didik termasuk kedalam aktivitas relevan dengan persentase rata-rata
setiap pertemuan sebesar 92,96%, 94,35%, dan 95,65%. (3) Keterampilan
komunikasi yang berupa kuantitas bertanya selama tiga kali pertemuan berada dalam
kriteria cukup baik dengan persentase 41,67%, 66,67%, dan 44,44%. Kuantitas
berpendapat selama tiga kali pertemuan menunjukkan hasil cukup baik dengan
persentase 52,78%, 55,56%, dan 61,11%. Untuk kualitas berpendapat peserta didik
selama tiga kali pertemuan yang mendapat kriteria kurang baik sebanyak 22,16,
dan 15 peserta didik, kategori cukup baik 8,9, dan 14 peserta didik, serta
kriteria baik sebanyak 6,11, dan 7 peserta didik. Pada kualitas bertanya,
peserta didik selama tiga kali pertemuan yang mendapatkan kriteria kurang baik
32, 30,dan 32 peserta didik, kriteria cukup baik 0,1, dan 0 peserta didik,
kriteria baik sebanyak 4,5,dan 4 peserta didik. (4) Hasil belajar rata-rata
yang diperoleh peserta didik sebesar 83,89 dengan predikat A- dan ketuntasan
klasikal mencapai 94%.
Kata Kunci: Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Keterampilan
komunikasi, Asam Basa.