Persepsi Guru Bahasa Inggris tentang Penerapan Pengajaran Grammar Terpadu ditengah Pandemi Global
EFL Teachers' Perception on the Implementation of Integrated Grammar Teaching amidst the Global Pandemic
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui implementasi pengajaran grammar secara terpadu selama masa pandemi global, lalu persepsi guru bahasa Inggris terkait pengajaran grammar tersebut selama pandemi global dan tantangan apa saja yang mereka hadapi selama menerapkan pengajaran grammar secara terpadu. Penelitian ini sangat diperlukan mengingat perpindahan dari pembelajaran luring ke daring menimbulkan perubahan yang signifikan, khususnya dalam pengajaran grammar secara terpadu. Kemudian, penerapan pengajaran grammar secara terpadu di pembelajaran daring ini perlu diketahui oleh pembaca sehingga mereka dapat mengetahui penerapan pengajaran grammar secara terpadu, persepsi guru terkait penerapan pengajarannya dan tantangan apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan pengajaran grammar secara terpadu tersebut. Untuk mengetahui tujuan penelitian tersebut, peneliti melakukan observasi menggunakan catatan lapangan dan wawancara semi-terstruktur kepada dua guru di salah satu sekolah di Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam desain fenomenologi. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa guru bahasa Inggris disekolah tersebut telah mengajarkan grammar secara terpadu dengan baik. Lalu, peneliti juga menemukan bahwa semua guru menganggap bahwa pembelajaran grammar secara terpadu sangat penting untuk diajarkan kepada peserta didik. Mereka juga mengatakan bahwa semua kesalahan grammar yang dilakukan oleh peserta didik harus dikoreksi untuk mencegah dan meminimalisir kesalahan grammar peserta didik. Meskipun demikian, ada beberapa tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan pengajaran grammar tersebut, seperti rendahnya motivasi peserta didik, kurangnya waktu yang diberikan untuk mengajar di pembelajaran daring, dan pembelajaran yang hanya berpusat pada membaca. Oleh karena itu, guru membutuhkan beberapa dukungan untuk mengatasi permasalah tersebut, seperti tambahan waktu mengajar apabila pembelajaran daring masih berlanjut, lalu perubahan pada silabus sekolah, dan yang terakhir adalah pelatihan guru untuk meningkatkan kemampuan mengajar mereka khususnya dalam mengajar grammar secara terpadu.
Kata Kunci: Grammar, pengajaran grammar secara terpadu, persepsi, persepsi guru, tantangan, pandemi global
This study was conducted to explore the implementation of integrated grammar teaching amidst global pandemic, then the teachers' perceptions towards integrated grammar teaching amidst global pandemic, and the challenges they faced in implementing integrated grammar teaching. This research is necessary considering the shift from offline learning into online learning give a significant alteration. Then, it also necessary to know the implementation of integrated grammar teaching in online learning since the readers could understand the implementation of grammar teaching, teachers’ perception towards it, and challenges they have face in implementing integrated grammar teaching. To determine the purpose of the study, the researcher conducted an observation using observation field notes and a semi-structured interview with all two English teachers in one of the schools in Gresik. This study used a qualitative approach with a phenomenological design. From the result of the study, it was found that the English teachers in that school implemented integrated grammar teaching well. Then, the researcher also found that all teachers considered that integrated grammar teaching is vital to be taught to the students. In addition, they also argued that the students' grammatical errors must be corrected to prevent and minimize their grammatical errors. However, the teachers faced several challenges in implementing integrated grammar teaching, for instance, the student's lack of motivation, insufficient teaching time, and reading-centered learning. Therefore, they need several supports to deal with those challenges, such as additional teaching time if the online learning is extended, the change of school syllabus, and teacher practice or training to help them improve their teaching skills.
Keywords: Grammar, integrated grammar teaching, perception, teachers' perception, challenges, global pandemic