PERKEMBANGAN RADIO SUARA SURABAYA TAHUN 1983-2019
THE DEVELOPMENT OF THE VOICE RADIO SURABAYA IN 1983-2019
ABSTRAK
Di zaman yang serba digital sekarang ini, kehidupan kita tidak lepas dari aktivitas media massa. Radio sebagai salah satu media massa yang masih populer memberikan sumbangan yang cukup dominan tehadap realitas sosial kehidupan masyarakat. Kemajuan teknologi mendorong radio untuk berkembang ke arah yang lebih modern dengan menyesuaikan pangsa pasar, juga bentuk dari strategi bertahan agar radio tidak mati. Radio Suara Surabaya merupakan salah satu radio yang masih mengembangkan konsep jurnalisme warga sejak tahun 1983. Konsep jurnalisme warga yang dimiliki Radio Suara Surabaya menjadi pionir perusahaan. Memindahkan kultur jurnalisme warga ke dalam instrumen yang baru dengan mengandalkan kemajuan teknologi adalah upaya yang dilakukan Radio Suara Surabaya. Penelitian ini berfokus pada perubahan bentuk radio konvensional ke bentuk radio multiplatform akibat kemajuan teknologi serta kontribusinya terhadap pendengar.
Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perkembangan Radio Suara Surabaya tahun 1983-2019? 2) Bagaimana strategi bertahan Radio Suara Surabaya tahun 1983-2019? 3) bagaimana kontribusi radio suara surabaya tahun 1983-2019? Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian sejarah dengan tahapan heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Radio Suara Surabaya mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang luar biasa, dibuktikan dengan Radio Suara Surabaya memiliki 6 platform di situs online dalam kurun waktu dari tahun 1983 hingga 2019, platform-platform tersebut terdiri situs web resmi, majalah, sosial media (facebook & twitter), aplikasi Suara Surabaya Mobile dan podcast. Hal ini bermula dari program telepon interaktif ditahun 1994 dengan berkembangnya telepon seluler menyebabkan Radio Suara Surabaya sadar akan dampak dari perkembangan teknologi dan telekomunikasi. Terciptanya berbagai platform tersebut guna mendistribusikan informasi terkini dengan tetap mengandalkan jurnalisme warga sehingga kebutuhan akan informasi dapat terpenuhi.
Kata kunci :radio, media massa, teknologi
ABSTRACT
In today's digital era, our lives cannot be separated from mass media activities. Radio as one of the mass media which is still popular gives a dominant contribution to the social reality of people's lives. Technological advances encourage radio to develop into a more modern direction by adjusting market share, as well as a form of survival strategy so that radio does not die. Radio Suara Surabaya is one of the radios that has been developing the concept of citizen journalism since 1983. The concept of citizen journalism owned by Radio Suara Surabaya became the company's pioneer. Moving the culture of citizen journalism into a new instrument that relies on technological advances is an effort made by Radio Suara Surabaya. This study focuses on the change from conventional radio to multiplatform radio due to technological advances and its contribution to listeners.
The problems that will be discussed in this research are 1) How was the development of Radio Suara Surabaya in 1983-2019? 2) What is the survival strategy for Radio Suara Surabaya in 1983-2019? 3) how was the contribution of the voice radio in Surabaya in 1983-2019? The method used by the researcher is the historical research method with heuristic, criticism, interpretation and historiography stages.
The results of this study explain that Radio Suara Surabaya is able to adapt to extraordinary technological advances, as evidenced by Radio Suara Surabaya has 6 platforms on the online site. from 1983 to 2019, these platforms consist of official websites, magazines, social media (facebook & twitter), Suara Surabaya Mobile application and podcasts. This stems from the interactive telephone program in 1994 with the development of cell phones causing Radio Suara Surabaya to become aware of the impact of technological and telecommunication developments. The various platforms were created to distribute the latest information while still relying on citizen journalism so that the need for information can be met.
Keywords : radio, mass media, technology