Analisis Aktivitas Fisik pada Santri Pondok Pesantren Terpadu NU Assalam Durenan Trenggalek
Bagi kehidupan aspek yang paling penting salah satunya adalah kesehatan. Untuk mencapai kesehatan banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya aktivitas fisik. Dimana dengan beraktivitas fisik dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri, lingkungan bahkan negara sekalipun. Mengetahui kegiatan aktivitas fisik santri di Pondok Pesantren Terpadu NU Assalam Durenan Trenggalek merupakan tujuan dari penelitian ini. Model penelitian yang dipakai yaitu kualitatif deskriptif yaitu pengambilan data dengan metode wawancara langsung (face to face) dengan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik santri di Pondok Pesantren Terpadu NU Assalam Durenan dibagi menjadi dua program, program pondok pesantren dan program sekolah formal. Dalam beraktivitas fisik, santri dilonggarkan dengan bebas memilih aktivitas fisik yang ada di sekitar pondok pesantren. Hal tersebut bertujuan agar santri bisa menikmati waktu luang dengan kegiatan aktivitas fisik yang disukai individu masing-masing. Seperti bola voli, sepak takraw, sepak bola, dan yang sedikit pembeda adalah adanya program kewirausahaan di dalam pondok. Ditambah dengan adanya sekolah formal (SMK) juga membantu kegiatan aktivitas fisik melalui mata pelajaran olahraga. Akan tetapi, dengan terbatasnya waktu karena padatnya kegiatan pondok pesantren, santri diharapkan mampu memaksimalkan waktu yang ada. Bimbingan dan tuntunan dari pengasuh atau pengurus pondok pesantren sangat dibutuhkan santri. Untuk itu sangat perlu kegiatan aktivitas fisik/olahraga dimasukkan ke dalam jadwal rutin kegiatan pondok pesantren. Karena pentingnya aktivitas fisik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.
In life, one of the most important aspects is health. There are many factors that influence health level, physical activity is one of those factors. By doing physical activity, the fitness and health level can be increased and improved which further impacts to our self, environment, and even the country. To understand the physical activity of students at the Integrated Islamic Boarding School NU Assalam Durenan Trenggalek is the purpose of this study. The used research model is a qualitative study, the data collection applies direct interviews (face to face) with respondents. The results of this study indicates that the physical activity of students at the NU Integrated Islamic Boarding School Assalam Durenan is divided into two programs: the Islamic boarding school program and the formal school program. In their physical activities, students are free to choose physical activities around the boarding school. It is intended that students can utilize their free time by doing physical activities which pay attention to each individual. Such as volleyball, sepak takraw, football, and a bit different section in the entrepreneurship program inside the school. With the existence of formal schools (SMK) it also helps physical activities through lesson subjects. However, with limited time due to the busy activities of the Islamic boarding schools, students are expected to be able to maximize the available time precisely. Guidance and helps from boarding school caretakers or administrators is definitely needed by the students. For this reason, it is necessary to include physical activities/sports into the regular schedule of Islamic boarding schools, because of the importance of physical activity for health and fitness.