Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif Number Heads Together dengan gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Audio siswa kelas XI SMK Krian 2. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest-posttest design. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaraan kooperatif Number Heads Together; hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual lebih tinggi dari gaya belajar audiotori dan gaya belajar kinestetik. Model pembelajaran kooperatif Number Heads Together dengan gaya belajar efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, Number Heads Together, gaya belajar, hasil belajar.
This study aims to obtain data on the influence of cooperative learning model Number Heads Together with learning styles on learning outcomes the audio system engineering subjects in class XI of Krian 2 Vocational High School. The research approach used is a quantitative approach with one group pretest-posttest design experimental methods . The results showed that there was a significant effect on student learning outcomes given Number Heads Together cooperative learning models; student learning outcomes with a visual learning style higher than audiotori learning styles and kinesthetic learning styles. Number Heads Together cooperative learning model with effective learning styles to improve student learning outcomes.
Keywords: Cooperative learning model, Number Heads Together, learning style, learning outcomes.