STUDI EKSPERIMEN PERBEDAAN GETARAN PADA V-BELT MOBIL CANTER MENGGUNAKAN ALAT MODE SHAPES ANALYZER
EXPERIMENTAL STUDY OF VIBRATION DIFFERENCES ON V-BELT OF CANTER CAR USING MODE SHAPES ANALYZER
ABSTRAK
Nama
: Ridho Galih Mahadhi
NIM
: 18050754025
Program Studi
: S1 Teknik Mesin
Konsentrasi
: Manufaktur
Jurusan/Fakultas
: Teknik Mesin/Teknik
Nama Lembaga
: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
: Diah Wulandari, S.T., M.T.
Getaran merupakan osilasi gelombang pada benda dimana jika gaya berlebih pada sistem smobiltur dapat menimbulkan masalah atau kerusakan. Pada penelitian ini penulis mengambil contoh kecepatan sebuah V-belt pada kendaraan berpengaruh pada getaran yang dihasilkan. V-belt merupakan komponen kendaraan yang memiliki bentuk seperti ikat sabuk berbahan karet khusus. Komponen ini berfungsi untuk memberikan aliran tenaga dari satu poros ke poros yang lain. Mobil canter memiliki kapasitas karoseri yang beragam dengan performance mesin bertenaga dan irit bahan bahan bakar dan sangat diminati supir. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk mekakukan pengujian V-belt dengan variasi pembebanan dan kecepatan menggunakan alat mode shapes analyzer guna mengetahui perbedaan getaran yang dihasilkan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil getaran dari alat praktikum Mode shapes analyzer pada V-belt dengan variasi pembebanan yaitu tanpa beban, 1 beban, 2 beban dan variasi percepatan. Data dianalisis menggunakan metode deskripsi dengan teknik analisis uji Anova.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kecepatan mempengaruhi percepatan getaran yang dihasilkan. Dilihat dari hasil two way Anova yaitu nilai F-hitung pada variabel kecepatan menghasilkan tingkat signifikan dibawah 5% yang artinya ada perbedaan nilai percepatan getaran jika dilihat dari kecepatan. Hal tersebut dapat dilihat bahwa percepatan getaran tertinggi terdapat pada 960 RPM dengan nilai sebesar 0,753, sedangkan percepatan getaran terendah terdapat pada 240 RPM dengan nilai sebesar 0,152.
Kata Kunci : Getaran, Mode shapes analyzer, V-belt.
ABSTRACT
Name
Student ID Number
Study Program
: Bachelor of Mechanical Engineering
Consentration
: Manufacture
Departement/Faculty
: Mechanical Engineering/
Engineering
Institution
: State University of Surabaya
Mentor
Vibration is an oscillation of waves on an object where if the excessive force on the smobiltur system can cause problems or damage. In this study, the authors took as an example the speed of a V-belt on a vehicle that affects the vibration produced. V-belt is a vehicle component that has a shape like a special rubber belt. This component serves to provide power flow from one shaft to another. Canter cars have various body capacities with powerful engine performance and fuel economy and are very attractive to drivers. Based on this, the author is interested in testing the V-belt with variations in loading and RPM acceleration using a mode shapes analyzer to determine the difference in vibrations produced.
This study uses a quantitative experimental research method which aims to determine the difference in vibration results from the shape analyzer mode practicum on a V-belt with variations in loading, namely no load, 1 load, 2 loads and variations in acceleration. The data were analyzed using the description method with the Anova test analysis technique.
The results of this study indicate that the speed affects the acceleration of the vibration produced. Judging from the results of the two way Anova, namely the F-count value on the speed variable, it produces a significant level below 5%, which means that there is a difference in the value of the vibration acceleration when viewed from the speed. It can be seen that the highest vibration acceleration is at 960 RPM with a value of 0.753, while the lowest vibration acceleration is at 240 RPM with a value of 0.152.
Keywords: Vibration, Mode shapes analyzer, V-belt.