Integrasi Keterampilan 4C dalam Buku Teks Ekonomi SMA/MA
The Integration of 4C Skills in Economics Textbooks SMA/MA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan isi buku teks ekonomi SMA/MA Kurikulum 2013 dari segi keterpaduan keterampilan 4C. Hal ini berdasarkan pada peran penting buku teks dalam pembelajaran dan pentingnya untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan kehidupan di abad 21 melalui pembelajaran. Analisis pada penelitian ini difokuskan pada dua indikator yaitu kelayakan isi dan keterampilan 4C. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Buku Teks Ekonomi SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi pada pokok bahasan ketenagakerjaan yang diterbitkan oleh Erlangga tahun 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks Ekonomi SMA/MA kelas XI Kurikulum 2013 Revisi terbitan Erlangga pada pokok bahasan Ketenagakerjaan dinilai telah memuat kelayakan isi dan keterampilan 4C dinilai masuk dalam kategori sangat baik dengan perolehan persentase skor sebesar 89,6% dan telah memuat dua indikator yaitu kelayakan isi dan keterampilan 4C. Indikator kelayakan isi diperoleh skor sebesar 41,3%, sedangkan indikator keterampilan 4C diperoleh skor sebesar 48,3%.
This research aimed to analyze the worthiness of the contents of economic textbook for SMA/MA Curriculum 2013 in terms of the integration of 4C skills. This is based on the important role of textbook in learning and the importance of preparing students to the encounter of the existence in the 21st century through learning. The analysis in this research is focused on two indicators, namely the feasibility of content and 4C skills. This type of research is a descriptive study using a qualitative approach to describing the research results. Sources of data in this study were obtained from the Economic Textbook of SMA / MA Class XI 2013 Revised Curriculum on the subject of employment published by Erlangga in 2016. The data collection technique in this study used the documentation method. The results of this research indicate that the Economics textbook for SMA / MA class XI 2013 Revised Curriculum published by Erlangga on the subject of employment is considered to have included the of the feasibility content and skills of 4C are considered to be in the very good category with a percentage score of 89.6% and has contained two indicators, namely the feasibility of content and 4C skills. The content feasibility indicator obtained a score of 41.3%, while the 4C skills indicator obtained a score of 48.3%.