STRATEGI SEKOLAH DALAM PENERAPAN NILAI RELIGIUS DAN TANGGUNG JAWAB DI MAN SIDOARJO
School strategy in the application of religious values and responsibility at MAN Sidoarjo
Penerapan nilai karakter sangat penting bagi generasi penerus bangsa karena nilai menjadi suatu hal yang dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari dan nilai karakter dapat mempengaruhi tindakan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam penerapan nilai religius dan tanggung jawab di MAN Sidoarjo, mendeskripsikan daya dukung yang dimiliki oleh sekolah dalam membentuk karakter religius dan tanggung jawab. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori belajar Albert Bandura (1997) yang terdiri atas fase attention, retension, reproduction dan motivasion. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya penerapan nilai religius dan tanggung jawab di MAN Sidoarjo menggunakan teknik modeling yang diterapkan dalam program sekolah dan program pembinaan. Program sekolah meliputi program BTQ, tahfidz qur’an dan boarding school. Tujuan penerapan nilai religius di MAN Sidoarjo sebagai bentuk pendidikan karakter yang diupayakan oleh sekolah agar peserta didik dapat membentengi diri dengan ilmu agama, karena semakin hari jaman akan semakin berkembang sehingga segala informasi dan budaya dapat masuk di Indonesia secara bebas, sedangkan nilai tanggung jawab diterapkan untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik.
The implementation of character values is very important for the next generation of the nation because values are something upheld and they can affect a person's actions. This study aims to describe the school's strategy in implementing the religious values and responsibility at MAN Sidoarjo, to describe the carrying capacity of the school in shaping religious character and responsibility. The theory used in this study is the learning theory of Albert Bandura (1997) which consists of the phases of attention, retention, reproduction and motivation. This research method uses a qualitative approach with a descriptive design. Data analysis in this study uses the Miles and Huberman model, namely data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the implementation of religious values and responsibility at MAN Sidoarjo uses modeling techniques that are applied in school programs and coaching programs. The school programs include BTQ, tahfidz qur'an and boarding school programs. The purpose of the implementation of religious values at MAN Sidoarjo is as a form of character education pursued by schools so that students can fortify themselves with religious knowledge, because the times will develop so that all information and culture can enter Indonesia freely, while the value of responsibility is implemented to minimize violations committed by students.