Meta Analisis Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kreativitas (Studi Literatur)
Meta-Analysis of Project-Based Learning Models in Enhancing Creativity (Literature Study)
Inovasi pembelajaran merupakan titik sentral dalam menciptakan peserta didik yang berkompeten dan mampu bersaing dalam dunia kerja. Kebanyakan peserta didik menyukai adanya inovasi pembelajaran yang mengutamakan keaktifan dan keterlibatan peserta didik secara langsung dengan pengalaman khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan. Tujuan studi literatur ini adalah:
(1) mengetahui pengaruh model pembelajaran PBP dalam meningkatkan kreativitas peserta didik, dan
(2) mengetahui hambatan implementasi model pembelajaran berbasis proyek. Studi literatur ini diperoleh dari artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2015-2019 dengan menggunakan Google Schoolar dan mendapatkan 388 artikel dengan kata kunci pembelajaran berbasis proyek. 388 artikel tersebut dilakukan identification, screening, eliglibility sehingga didapat 9 (sembilan) artikel yang sesuai dengan tujuan studi literatur. Hasil analisis studi literatur menyimpulkan: (1) kreativitas peserta didik mengalami perbedaan signifikan sebelum dan setelah dilakukan pembelajaran berbasis proyek dengan rerata 78,56 %, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas peserta didik; (2) hambatan yang sering ditemukan dalam pembelajaran berbasis proyek 5 artikel menyebutkan pengondisian kelas oleh guru yang tidak optimal menjadikan penerapan pembelajaran tidak berjalan maksimal, 4 artikel lain menjelaskan penugasan yang tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan masih menjadi kendala yang sering ditemukan.
Kata Kunci: Meta Analisis, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas
Abstract
Learning innovation is a central point in creating competent students who are able to compete in the world of work. Most students like the existence of learning innovations that prioritize the activeness and involvement of students directly with experience, especially at the Vocational High School. The objectives of this literature study are: (1) knowing the effect of PBP learning models in enhancing students' creativity, and (2) knowing the obstacles in implementing project-based learning models. This literature study was obtained from scientific research articles from 2015-2019 using Google Schoolar and obtained 388 articles with project-based learning keywords. 388 articles were carried out identification, screening, eligibility so that 9 (nine) articles were obtained in accordance with the objectives of the literature study. The results of the analysis of the literature study concluded: (1) student creativity experienced significant differences before and after project-based learning with an average of 78.56%, so it can be said that project-based learning can increase student creativity; (2) obstacles that are often found in project-based learning 5 articles mentioning classroom conditioning by teachers that are not optimal making the application of learning not run optimally, 4 other articles explaining assignments that are not in accordance with the specified schedule are still often found obstacles.
Keyword : Meta Analysis, Project Based Learning Model, Creativity