Pengembangan Aplikasi Virtual Reality Pemandu Senam Lansia Berbasis Android Untuk Motivasi Olahraga Lansia
Development of Android-Based Virtual Reality Application for Elderly Exercise Guides for Elderly Sports Motivation
\ Secara global jumlah populasi penduduk lansia di dunia akan terus meningkat. Meningkatnya jumlah lansia dapat memberikan dampak negatif jika tidak diimbangi dengan mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan lansia. Senam lansia salah satu olahraga ringan dan mudah dilakukan, yang dapat diterapkan pada lansia untuk meningkatkan kebugaran jasmaninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi Android Pemandu Senam Kebugaran menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) dengan Google Cardboard, ditujukan khusus untuk lansia. Proses pengembangan sistem dilakukan dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan tujuan mengukur pengaruhnya terhadap motivasi lansia dalam berolahraga. Hasil penelitian mencakup pembangunan aplikasi VR pemandu senam lansia berbasis Android serta pengujian Alpha Testing dan Beta Testing. Pengujian Alpha Testing menggunakan Whitebox Basic path menghitung nilai Cyclomatic Complexity(CC),menunjukkan resiko bug rendah pada AppManager dan sedang pada GameManager, dengan hasil pengujian Blackbox menyatakan 93% lulus, 7% kondisi else, dan 0% kegagalan. Pengujian Beta Testing menunjukkan tingkat motivasi lansia yang sangat tinggi dalam menggunakan aplikasi VR, dengan mayoritas responden berada pada kategori sangat tinggi (65%), diikuti oleh kategori tinggi (30%), dan sedang (6%), tanpa ada responden pada kategori rendah atau sangat rendah. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan respon positif dari lansia terhadap pengalaman berolahraga yang lebih interaktif menggunakan aplikasi VR.
Kata Kunci – MDLC (Multimedia Development Life Cycle), Cyclomatic Complexity(CC), Alpha Testing, Beta Testing, Virtual Reality, motivasi senam lansia
Globally, the elderly population continues to increase. The rising number of elderly individuals can have negative impacts if not balanced by maintaining or enhancing their well-being. Elderly exercises, such as senior gymnastics, are lightweight and easily performed activities that can be beneficial for improving their physical fitness. This research aims to develop an Android Fitness Gymnastics Guide application utilizing Virtual Reality (VR) technology with Google Cardboard, specifically designed for the elderly. The system development process follows the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method with the goal of assessing its influence on elderly motivation in exercising. The study includes the development of an Android-based VR gymnastics guide application and Alpha Testing and Beta Testing phases. Alpha Testing, using Whitebox Basic path to calculate Cyclomatic Complexity (CC), indicates low bug risks for AppManager and moderate risks for GameManager. Blackbox Testing results show a 93% pass rate, 7% conditional else, and 0% failure rate. Beta Testing reveals a significantly high level of elderly motivation in using the VR application, with the majority of respondents falling into the 'very high' category (65%), followed by 'high' (30%), and 'moderate' (6%), with no respondents falling into the 'low' or 'very low' categories. In conclusion, the research demonstrates a positive response from the elderly towards the more interactive exercise experience offered by the VR application.
Keywords – MDLC (Multimedia Development Life Cycle), Cyclomatic Complexity(CC), Alpha Testing, Beta Testing, Virtual Reality, Elderly Exercise Motivation