Development of Electronic Worksheet of Biodiversity Based on Local Wisdom and Culture to Enhance Student's Learning Motivation
Pandemi Covid-19 menyebabkan proses belajar mengajar dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh. Banyak media digital yang bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Namun motivasi belajar peserta didik cenderung menurun meskipun sudah banyak media pembelajaran digital yang bisa dimanfaatkan. Oleh sebab itu, perlu pemilihan media pembelajaran yang baik, efektif, efisien, dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD materi keanekaragaman hayati berbasis kearifan lokal dan budaya untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pegembangan 4D tanpa tahap disseminate. Validitas E-LKPD diperoleh dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli pendidikan, dan ahli materi dengan instrumen validasi yang terdiri atas aspek penyajian, isi, dan, kebahasaan. Kepraktisan diperoleh dari respons guru dan peserta didik dengan instrumen angket respons yang terdiri atas 20 pernyataan dan hasil angket motivasi belajar peserta didik dengan model ARCS yang terdiri atas 9 pernyataan. Uji coba E-LKPD dilakukan secara terbatas pada 20 peserta didik kelas X. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dengan menggunakan situs web liveworksheets memperoleh skor validasi sebesar 4 (sangat valid). E-LKPD dinyatakan praktis dengan skor rerata dari guru sebesar 98% (sangat praktis) dan peserta didik sebesar 96% (sangat praktis). Hasil angket motivasi belajar siswa menggunakan model ARCS memperoleh skor rata-rata 3,27 (sangat kuat). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD materi keanekaragaman hayati berbasis kearifan lokal dan budaya untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.
Kata Kunci: pembelajaran jarak jauh, motivasi ARCS, biodiversitas, liveworksheets, media digital
The Covid-19 pandemic has caused the teaching and learning process to be shifted to online learning. Many digital media can be used for online learning. However, students learning motivation has decreased, even though many digital learning media can be used. Therefore, choosing good, effective, efficient, and attractive learning media is necessary. This research aimed to produce electronic biodiversity worksheet based on local wisdom and culture to enhance students learning motivation that is valid and practical. This study were used a 4D research model without a disseminate stage. The validity of the E-LKPD was obtained from the validation results conducted by media experts, education experts, and material experts with validation instruments consisting of presentation, content, and language aspects. The practicality was obtained from the teachers and students responses with the response questionnaire instrument consisting of 20 statements and results of the students learning motivation questionnaire with the ARCS model consisting of 9 statements. The E-LKPD trial was limited to 20 10-th grade students. The data was analyzed by descriptively and quantitatively. The results showed that the E-LKPD developed using liveworksheets website obtained a validation score of 4 (very valid). E-LKPD was declared practical with an average score from teachers 98% (very practical) and from students 96% (very practical). The results of the student learning motivation questionnaire using the ARCS model were 3.27 (very strong). Thus, it can be concluded that electronic biodiversity worksheet based on local wisdom and culture to enhance students learning motivation is valid and practical to be applied.
Keywords: online learning, ARCS motivation, biodiversity, liveworksheets, digital media