ABSTRAK
Eka M.S., Ruth, 2019. Perbedaan Keefektifan Permainan Bakiak dan Jalan Tawanan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun, Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Eko Darminto, M.Si (II) Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si
Kata Kunci: Permainan bakiak. Permainan jalan tawanan, kemampuan motorik kasar, anak usia 4-5 tahun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Permainan bakiak efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. (2) Permainan jalan tawanan efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun (3) Adanya perbedaan keefektifan permainan bakiak dan Jalan tawanan meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Analasis hasil penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik parametrik yaitu yang mensyaratkan adanya uji normalitas, uji homogenitas, dan untuk mengetahui perbedaan hipotesis dilakukan uji uji-T pada N-gain Score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) berdasarkan uji normalitas, nilai untuk pre-test dan post-test lebih besar dari 0.05 maka permainan bakiak memiliki data yang berdistribusi normal. Uji homogenitas menghasilkan nilai pre-test dan post-test yang lebih besar dari 0.05 maka permainan bakiak memiliki data yang homogen. (2) berdasarkan uji normalitas, nilai untuk pre-test dan post-test lebih besar dari 0.05 maka permainan jalan tawanan memiliki data yang berdistribusi normal. Uji homogenitas menghasilkan nilai pre-test dan post-test yang lebih besar dari 0.05 maka permainan jalan tawanan memiliki data yang homogen. (3) Berdasarkan uji-T pada N-gain Score, nilai sig < 0.05 untuk permainan bakiak disimpulkan bahwa permainan bakiak efektif meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun sedangkan untuk permainan jalan tawanan menghasilkan nilai sig > 0.05 disimpulkan bahwa permainan jalan tawanan tidak efektif meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun.
Berdasar hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan : (1) permainan bakiak efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. (2) permainan jalan tawanan tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. (3) ada perbedaan keefektifan permainan bakiak dan jalan tawanan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di Kecamatan Tegalsari, Surabaya.
ABSTRACT
Eka M.S., Ruth, 2019. Differences in Effectiveness of Clogs Game and Captive Path Game to Improve Gross Motor Skills in Children 4-5 Years, Thesis, Basic Educational Study Program Postgraduate Early Childhood Education Concentration, Surabaya State University. Thesis Advisor (I) Dr. Eko Darminto, M.Si (II) Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si
Keywords : Clogs game, Captive Path game, gross motor skills, children aged 4-5.
This study aims to determine (1) Effective Clogs game to improve gross motor skills of children aged 4-5 years. (2) Captive Path game is effective in increasing the gross motor skills of children aged 4-5 years (3) There is a difference in the effectiveness of the game of Clogs and Captive Path increases the gross motor abilities of children aged 4-5 years.
This research uses a quantitative research design. The analysis of the results of the study was carried out using the parametric statistical approach, which required a normality test, a homogeneity test, and to determine differences in the hypothesis, a T-test was performed on the N-gain score.
The results showed that: (1) based on the normality test, the values for pre-test and post-test were greater than 0.05, so the clogs had normal distribution data. Homogeneity test results in pre-test and post-test values greater than 0.05, so clogs have homogeneous data. (2) based on the normality test, the values for the pre-test and post-test are greater than 0.05, then the captive path game has normally distributed data. Homogeneity test results in pre-test and post-test values greater than 0.05, so the captive road game has homogeneous data. (3) Based on the T-test on the N-gain Score, the sig value <0.05 for clogs games concluded that clogs games effectively improve the gross motor skills of children aged 4-5 years while for captive walking games produce sig values> 0.05 concluded that the game of captivity ineffective in increasing gross motor skills of children aged 4-5 years.
Based on the above research results, it can be concluded: (1) effective Clogs game to improve gross motor skills of children aged 4-5 years. (2) Captive Path game are not effective in improving the gross motor skills of children aged 4-5 years. (3) there is a difference in the effectiveness of Clogs and Captive Path games to improve the gross motor skills of children aged 4-5 years in Tegalsari District, Surabaya.