ANALISIS USER EXPERIENCE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA APLIKASI MUBEAT
USER EXPERIENCE ANALYSIS OF CUSTOMER SATISFACTION LEVEL IN MUBEAT APPLICATION
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh variable user experience yakni value, desirability, adoptability, dan usability terhadap kepuasan pelanggan sebagai pengguna aplikasi Mubeat. Aplikasi ini banyak digunakan oleh penggemar untuk melakukan voting online. Responden dalam penelitian ini adalah para penggemar musik pop Korea yang pernah berinteraksi secara langsung (menggunakan) aplikasi Mubeat. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pegujian instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online serta Metode analisis data yang digunakan yakni uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi linier berganda. Dan dari penelitian ini didapatkan bahwa variabel user experience yang memiliki pengaruh paling tinggi yaitu usability dan desirability.
Kata kunci— User experience, Korean Pop, Mubeat, Mubeat For K-pop, Kepuasan Pelanggan.
This study aims to determine whether there is an effect of user experience variables, namely value, desirability, adoptability, and usability on customer satisfaction as users of the Mubeat application. This application is widely used by fans to vote online. Respondents in this study were Korean pop music fans who had directly interacted with or using the Mubeat application. The sampling technique used is purposive sampling. Testing the instrument using validity and reliability tests. Data collection techniques used questionnaires distributed online and the data analysis methods used were classical assumption test, hypothesis testing and multiple linear regression analysis. And from this study it was found that the user experience variables that have the highest influence are usability and desirability.
Keywords— User experience, Korean Pop, Mubeat, Mubeat For K-pop, Kepuasan Pelanggan.