Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif
Mathematics Problem Solving Strategies of Junior High School Students Based on Cognitive Style
Strategi pemecahan masalah matematika adalah cara yang digunakan pada proses pemecahan masalah untuk mencari penyelesaian dari masalah matematika. Perbedaan gaya kognitif dapat memengaruhi siswa dalam menerapkan dan memilah strategi pemecahan masalah. Untuk mengetahui strategi pemecahan masalah matematika, dapat ditunjukkan indikator tentang berbagai strategi pemecahan masalah matematika yaitu: (1) bekerja mundur; (2) menemukan pola; (3)mengambil sudut pandang yang berbeda; (4) membuat analogi sederhana; (5) membuat gambaran; (6) menebak dan menguji; (7) mengorganisasikan data; (8) melakukan penalaran logis; dan (9) menulis persamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemecahan masalah matematika siswa bergaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu dua siswa yang bergaya kognitif field dependent dan field independent ya ng telah diajarkan materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes GEFT, tes kemampuan matematika, tugas pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah matematika menggunakan strategi melakukan penalaran logis, bekerja mundur, menulis persamaan dan mengorganisir data. 2) Siswa dengan gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah matematika menggunakan strategi mengambil sudut pandang yang berbeda, menemukan pola, melakukan penalaran logis, menulis persamaan, membuat gambaran, dan menebak dan menguji. Strategi pemecahan masalah yang digunakan siswa FI lebih bervariasi daripada siswa FD.
Mathematical problem solving strategy is a method used in the problem solving process to find solutions to mathematical problems. Differences in cognitive style can affect students in applying and sorting out problem solving strategies. To find out the strategy of solving math problems, indicators can be shown about various strategies for solving math problems, they are (1) working backward; (2) look for pattern; (3) adopting a different point of view; (4) solving a simpler analogous problem; (5) draw a picture and model; (6) guess and check; (7) organizing data; (8) logical reasoning; and (9) write an equation. The purpose of this study was to describe the math problem solving strategies of students with field dependent and field independent cognitive styles. This research is included in qualitative descriptive research. The subjects of this study were two students with field dependent and field independent cognitive styles who had been taught quadrilateral and triangle material. This study uses instruments in the form of GEFT tests, math ability tests, problem solving tasks, and interview guidelines. The data obtained were then analyzed by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study indicate that, 1) students with field dependent cognitive style in solving mathematical problems using the strategy of logical reasoning, working backwards, write an equation and organizing data. 2) Students with field independent cognitive style in solving math problems using the strategy of adopting a different point of view, look for pattern, doing logical reasoning, write an equation, draw a picture and model, and guess and check. Problem solving strategies used by FI students are more varied than FD students.