WORD CARD APPLICATIONS (FLASH CARD) FOR GERMAN WRITING SKILLS LEARNERS CLASS X SEMESTER 1
Media pembelajaran adalah alat bantu dalam pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guru dalam menyampaikan informasi guna merangsang peserta didik untuk memperoleh pengetahuan saat kegiatan pembelajaran. Kartu kata (flash card) adalah media yang berwujud kartu dengan ukuran yang dapat diubah sesuai kebutuhan dan di dalamnya terdiri dari: gambar, kata atau kalimat sederhana yang dapat mempermudah kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Pembelajaran saat pandemi COVID-19 berlangsung secara luring dan daring sehingga perlu dikembangkan media seperti aplikasi kartu kata (flash card) yang dapat dimanfaatkan saat kegiatan pembelajaran daring maupun luring. Rumusan masalah dari artikel ini ialah bagaimana proses pengembangan aplikasi kartu kata (flash card) untuk keterampilan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi kartu kata (flash card) dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan validasi dari ahli. Metode penelitian dari artikel ini menerapkan model pengembangan 4D (Four-D model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Sumber data dari artikel ini adalah materi andere Vorstellen dari buku Deutsch ist Einfach 1, internet dan validator. Instrumen penilaian dari artikel ini adalah lembar angket validasi media pembelajaran. Hasil dari validasi media pembelajaran ini memperoleh persentasi sebesar 86,1% dengan kriteria kelayakan sangat baik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu Kata (Flash Card), Keterampilan Menulis
Learning media is a tool in learning that can be used by teachers in conveying information to stimulate students to acquire knowledge during learning activities. Word cards (flash card) is tangible media cards with sizes that can be changed as needed and consist of: pictures, words or simple sentences that can facilitate learning activities to be more fun and effective. Learning during the COVID-19 pandemic is happening offline and online, so it is necessary to develop media such as word card applications (flash card) that can be used during online and offline learning activities. The formulation of the problem from this article is how the process of developing a word card applications (flash card) for German writing skills. This research aims to develop a word card applications (flash card) and determine the feasibility of Learning media based on validation from experts. The research method of this article applies the 4D development model (Four-D model) developed by Thiagarajan. The data source of this article is andere Vorstellen material from the book Deutsch ist Einfach 1, internet and validator. The assessment instrument of this article is the learning media validation questionnaire sheet. The results of the validation of this Learning media obtained a percentage of 86,1% with very good eligibility criteria.
Keyword: Learning Media, Word Cards (Flash Card), Writing Skills