Analisis Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi
Analysis of The Relationship Between Metacognitive Skills and Students' Achievement in The Reaction Rate's Materials
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi keterampilan metakognitif dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui metode pengamatan untuk mengukur keterlaksanaan sintak model pembelajaran, metode tes untuk mengukur hasil belajar dan keterampilan metakognitif, dan metode angket untuk mengukur Metacognitive Awareness Inventory (MAI) siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data rumus persentase, uji normalitas Shapiro-Wilk, uji korelasi Product Moment Pearson, dan Regression Linear menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian meliputi: 1) rata-rata presentase keterlaksanaan model pembelajaran berturut-turut pertemuan 1 dan 2 adalah 96,9% dan 97,8% dengan kategori sangat baik, 2) keterampilan metakognitif yang dilatihkan tersampaikan dengan sangat baik, didukung kesadaran metakognitif rata-rata adalah baik dan rata-rata presentase N-Gain hasil belajar dan keterampilan metakognitif yang termasuk dalam kategori tinggi, 3) memiliki korelasi positif dengan koefisien korelasi sebesar 0,952 (terjadi hubungan yang tinggi antar variabel) dan R square sebesar 0,907, dan 4) persamaan linear yang dihasilkan adalah y = -24,922 + 1,223x.
Kata Kunci : keterampilan metakognitif, hasil belajar, laju reaksi
The research aimed to describe the correlation between metacognitive skills with students' achievement. The research design used descriptive correlational with data collection techniques through observation methods to measure the implementation of learning models, test methods to measure the students' achievement and metacognitive skills, and a questionnaire method to measure students' Metacognitive Awareness Inventory (MAI). The data analysis technique was the percentage, n-gain, analysis of normality by Shapiro-Wilk, the correlation analysis by Product Moment Pearson and Regression Linear using the IBM SPSS Statistics 21 application. The result showed that 1) the average percentage implementation of the learning models respectively at meetings 1 and 2 was 96.9% and 97.8% with very good category, 2) metacognitive skills that are trained can be conveyed very well, supported by the average MAI is good and the average of N-Gain percentage of metacognitive skills and students' achievement are include in the high category, 3) had a positive correlation with a coefficient correlation value of 0,952 (there is a high relationship between variables), and R square of 0,907, and 4) the linear formula equation is y = -24,922 + 1,223X.
Keywords : metacognitive skills, student’s achievement, reaction rate