Fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik (PD). Alasannya adalah mata pelajaran Fisika mengandung banyak rumus dan nilai ujian yang mereka dapatkan tidak pernah memuaskan. Apabila ketidakpahaman konsep pada diri PD tersebut dibiarkan terus-menerus, maka dapat menyebabkan terganggunya pemahaman PD mengenai konsep-konsep berikutnya yang mempersyaratkan pemahaman PD terhadap konsep-konsep terdahulu. Sebagai contoh, pemahaman awal PD pada sebuah pipa yang dialiri fluida dengan memiliki dua luas penampang yang berbeda, maka debit fluida yang mengalir juga berbeda. Namun menurut konsep Fisika, debit fluida yang mengalir di sebuah pipa dengan dua luas penampang yang berbeda adalah sama. Jadi, perbedaan antara pemahaman awal PD dengan konsep Fisika tersebut menimbulkan miskonsepsi. Miskonsepsi yang dialami oleh PD dapat dideteksi dengan menggunakan tes diagnostik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes diagnostik berformat four-tier yang terdiri dari 15 macam pertanyaan berupa konsep Fluida Dinamik untuk mengetahui profil konsepsi PD serta mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada materi tersebut beserta penyebabnya yang ditinjau dari diri PD di kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Sidoarjo sebanyak 32 PD. Instrumen tersebut layak dipergunakan untuk Uji Coba II karena bersifat valid dan reliabel. Hasil validitas internal instrumen yang meliputi isi, konstruk, dan bahasa berturut-turut sebesar 93,750 %, 95,000 %, 88,889 %, sedangkan validitas eksternal didapatkan nilai sebesar 0,591 dan reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,751. Untuk profil konsepsi PD kelas XI MIPA 4 yang diperoleh yaitu, SC atau scientific conception sebesar 34,8 %, MSC atau misconception sebesar 23,1 %, LKG atau lack of knowledge-guessing sebesar 17,3 %, LKD atau lack of knowledge-deficiency sebesar 12,9 %, FP atau false positives sebesar 5,4 %, FN atau false negatives sebesar 4,6 %, dan TKD atau tidak dapat dikodekan sebesar 1,9%. Adapun miskonsepsi tertinggi terjadi pada sub materi Hukum Bernoulli yang disebabkan oleh pemikiran asosiatif dari peserta didik, selanjutnya sub materi Penerapan Hukum Bernoulli dan Teori Torricelli yang juga dikarenakan pemikiran asosiatif peserta didik. Terakhir yaitu, sub materi Azas Kontinuitas yang disebabkan oleh intuisi yang salah dari peserta didik.
Kata kunci : miskonsepsi, tes diagnostik berformat four-tier, Fluida Dinamik
Physics is one lesson that is considered difficult by students (PD). The reason is that Physics subjects contain many formulas and the test scores they get are never satisfying. If the concept of PD is not understood continuously, then it can cause disruption of the understanding of PD on the following concepts that require PD understanding of previous concepts. For example, PD’s understanding on a pipe that is fluidized by having two different cross-sectional areas, then the fluid flow is also different. But according to the Physics concept, the fluid discharge flowing in a pipe with two different cross-sectional areas is the same. So, the difference between the initial understanding of PD and the Physics concept raises a misconception. Misconceptions experienced by students can be detected using a diagnostic test. This study aims to develop a four-tier format diagnostic test instrument consisting of 15 types of questions in the form of Dynamic Fluid concept to determine the conception profile of students and identify misconceptions that occur in the material and its causes in terms of self-education in class XI MIPA 4 SMAN 1 Sidoarjo as many as 32 students. The instrument is feasible to be used for Trial II because it is valid and reliable. The results of the instrument's internal validity which includes content, constructs, and languages are 93.750%, 95,000%, 88.889%, while the external validity is of 0.591 and reliability is 0.680. For the conception profile of class XI MIPA 4 students obtained, namely, SC or scientific conception of 34.8%, MSC or misconception of 23.1%, LKG or lack of knowledge-guessing of 17.3%, LKD or lack of knowledge-deficiency at 12.9%, FP or false positives of 5.4%, FN or false negatives of 4.6%, and TKD or not being encoded at 1.9%. The highest misconception occurs in the sub material of Bernoulli's Law caused by associative thinking from students, then sub-material on the Application of Bernoulli's Law and Torricelli's Theory which is also due to the associative thinking of students. Lastly, the Sub continuity material is caused by the wrong intuition of the students.
Keyword : misconception, four-tier diagnostic test, Dynamic Fluid