IMPLEMENTATION OF TEACHER STRATEGIES IN OVERCOMING BEHAVIOR OF BULLYING IN SMP TAMAN SISWA KOTA MOJOKERTO (CASE STUDY AT SMP TAMAN SISWA KOTA MOJOKERTO
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan strategi guru dalam menangani school bullying di SMP Taman Siswa Kota Mojokerto, (2) Teori Behaviorisme B.F Skinner digunakan untuk menjawab masalah dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Taman Siswa Kota Mojokerto yang beralamatkan Jl. Residen Pamuji Mergelo, Purwotengah, Kec. Magersari, Kota Mojokerto Jwa timur 61311. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, penarikan kesimpulan serta keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi guru dalam menangani school bullying di SMP Taman Siswa Kota Mojokerto yakni (1) mengetahui akar permasalahan terjadinya bullying di sekolah (2) memberikan hukuman pada siswa yang melakukan pelanggaran (3) memberikan himbauan kepada siswa yang telah melakukan bullying serta siswa lainnya (4) memberikan beberapa layanan baik dari guru BK maupun guru yang lainnya. Hambatan dalam mengatasi perilaku bullying di sekolah tersebut yakni: (1) kesulitan untuk bisa melapor kepada guru dikarenakan tibul rasa ketakutan pada diri korban bullying, (2) kesulitan dalam mengontrol perilaku siswa pada saat berada di luar kelas serta kurangnya penerapan guru terhadap perilaku bullying.
Kata Kunci: Penerapan Strategi Guru, perilaku bullying
The purpose of this research is: (1) to describe the implementation of teacher strategies in overcoming behavior of bullying in SMP Taman Siswa Kota Mojokerto, (2) Behaviorism BF Skinner's theory is used to answer the problem in this study. This research uses a qualitative approach with case study method. This research in SMP Taman Siswa Kota Mojokerto Jl. Residen Pamuji Mergelo, Purwotengah, Kec. Magersari, Kota Mojokerto Jawa Timur 61311. Data collection technique used observation and interview. Data were analyzed using data collection techniques, data presentation, drawing conclusions, and the validity of the data. The results showed that the strategy of teachers in dealing with bullying behavior in SMP Taman Siswa Kota Mojokerto namely: (1) determine the root causes of bullying, (2) provides for punishment, (3) gives an appeal to students who did the bullying behavior and the other students, (4) provide some services from BK to the student victims of bullying and bullies. Barriers to cope with bullying behavior: (1) the difficulty in controlling the behavior of the current students are outside the school, (2) difficulty in controlling student behavior when outside the classroom and the lack of teacher application of bullying behavior.
Keyword: Implementation of teacher strategy, behavior of bullying.