Analisis Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas I SD Labschool UNESA 2
Analysis of the Role Parenting Patterns on the Literacy Ability of First Grade Students at Primary School Labschool UNESA 2
Kata Kunci : Peran Orangtua, Pola Asuh, Kemampuan Literasi
Gerakan literasi keluarga memiliki fungsi yang paling vital, karena keluarga mendidik anak dari mulai usia dini, bahkan dari dalam kandungan sekalipun. Keluarga yang di dalamnya terdapat orangtua memiliki peran sentral dalam membantu anak belajar di rumah, anak tidak akan bisa belajar efektif tanpa dukungan dan partisipasi aktif dari orang tua. Nilai literasi siswa yang baik tidak terlepas dari peran orang tua dalam memberikan pola pengasuhan yang baik kepada anak dalam kegiatan berliterasi. Pola pengasuhan yang baik akan membentuk karakter anak yang ideal sesuai dengan harapan setiap orang tua. Tidak sedikit orang tua yang cenderung menggunakan pola asuh alakadarnya, bahkan cenderung sembarangan, bila berkaitan dengan keterampilan literasi. Pendidikan literasi memang membutuhkan peran penuh dari orangtua terutama pada anak SD kelas rendah, beberapa penelitian relevan juga menyebutkan bahwa peran orangtua berkolerasi positif dengan cara orang tua menstimulasi perkembangan literasi anak, keterlibatan orang tua dalam perkembangan literasi anak menjadi bagian pokok dalam pendidikan anak. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran pola pengasuhan orangtua dalam perkembangan literasi siswa kelas I di SD Labschool UNESA 2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Wawancara, Observasi dan Angket. Analisis data menggunakan reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat berbagai macam karakteristik pola asuh orangtua, diantaranya pola asuh demokratis, permisif dan otoriter. Pola asuh yang diberikan orangtua kepada anak memang berpengaruh terhadap kemampuan literasinya, akan tetapi harus tetap dilihat intensitas dari pola asuhnya seperti apa. Yang terpenting dari itu adalah orangtua sadar akan peran mereka dalam mendorong kemampuan literasi anak, hal ini karena orangtua merupakan model bagi anak ketika dirumah. Jika orang tua bisa membimbing, mendidik, serta mencontohkan pembiasaan literasi dirumah dengan baik hal itu akan memberikan dampak besar terhadap kemampuan literasi anak.
Keywords: The Role of Parents, Parenting, Literacy Ability
The family literacy movement has the most vital function, because families educate children from an early age, even from the womb. Families in which there are parents have a central role in helping children learn at home, children will not be able to learn effectively without the support and active participation of parents. The value of good student literacy is inseparable from the role of parents in providing good parenting patterns to children in literacy activities. A good parenting pattern will shape the ideal child's character in accordance with the expectations of every parent. Not a few parents tend to use simple parenting, even tend to be careless, when it comes to literacy skills. Literacy education does require the full role of parents, especially for low-grade elementary school children, several relevant studies also state that the role of parents is positively correlated with the way parents stimulate the development of children's literacy, parental involvement in children's literacy development is a major part of children's education. Therefore, this study aims to determine the relationship between the role of parenting patterns in the literacy development of grade I students at Primary School Labschool UNESA 2. This study uses a qualitative method with an exploratory descriptive approach. Data collection techniques used are interviews, observations and questionnaires. Data analysis uses reduction, display and conclusion drawing. The results showed that there are various characteristics of parenting styles, including democratic, permissive and authoritarian parenting. The parenting style given by parents to children does affect their literacy skills, but the intensity of the parenting style must still be seen. The most important thing is that parents are aware of their role in encouraging children's literacy skills, this is because parents are models for children when they are at home. If parents can guide, educate, and exemplify literacy habits at home, it will have a big impact on children's literacy skills.