ABSTRAK
Evaluasi merupakan proses pengumpulan data untuk memberikan gambaran perkembangan belajar peserta didik. Untuk mencapai tujuan dalam evaluasi, maka diperlukan suatu instrumen yang tepat karena intrumen evaluasi yang kurang baik akan mengakibatkan hasil penilaian menjadi tidak sesuai dengan realita. Evaluasi pembelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Taman salah satunya adalah tes sumatif yang dilaksanakan tiap akhir semester. Dalam mengembangkan tes yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan, maka perlu dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas distraktor (Nurgiyantoro, 2010). Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk tes sumatif bahasa Jerman kelas X SMA Negeri 1 Taman yang sesuai kriteria. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan tes sumatif bahasa Jerman kelas X SMA Negeri 1 Taman yang sesuai kriteria. Kriteria yang telah ditetapkan adalah a) butir soal yang dikembangkan valid, b) butir soal yang dikembangkan reliabel, c) tingkat kesukaran ketegori sedang d) daya pembeda butir soal minimal cukup, dan e) distraktor pada soal efektif. Dari kriteria tersebut, butir soal dapat diterima apabila memenuhi minimal tiga kriteria termasuk validitas dan reliabilitas. Butir soal ditolak apabila tidak memenuhi semua kriteria. Untuk mengembangkan instrumen evaluasi perlu melalui serangkaian langkah-langkah pengembangan tes sumatif yang telah ditetapkan. Sehingga dapat diperoleh instrumen evaluasi tes sumatif yang dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian uji coba. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas peserta didik XI SMA Negeri 1 taman yang menempuh mata pelajaran bahasa jerman sebagai lintas minat maupun pelajaran wajib. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Taman. Hasil dari penelitian ini adalah kisi-kisi tes sumatif pilihan ganda berdasarkan kurikulum 2013 dan taksonomi bloom revisi aspek kognitif dan aspek psikomotor. Dari 50 butir soal yang telah dikembangkan, analisis kuantitatif tes tersebut menunjukkan sebanyak 20 butir tes dapat diterima karena memenuhi kriteria yaitu nomor 1, 3, 4, 6, 11, 12, 14, 16, 17, 19, 21,23, 24, 31, 32, 33, 40, 44, 47, dan 48. Dan sebanyak 30 butir soal ditolak karena tidak memenuhi kriteria yaitu nomor 2, 5, 7, 8, 9, 10, 13, 15, 18, 20, 22, 25, 26, 27, 28, 29, 30, 34, 35, 36, 37, 38, 39, 41, 42, 43, 45, 46, 49, 50.
Kata Kunci : Pengembangan Tes, Tes Sumatif Bahasa Jerman, Semester Ganjil
ABSTRACT
Evaluation is a process of collecting facts to give an overview of students' learning progress. To achieve the goals of the evaluation, an appropriate instrument is needed because poor evaluation instruments will result in the assessment results being not by reality. Evaluation of German learning in SMA Negeri 1 Taman one of which is a summative test that is carried out at the end of each semester. In developing a good and accountable test, it is necessary to analyze the validity, reliability, level of difficulty, differentiation and effectiveness of the distractor (Nurgiyantoro, 2010). So that the formulation of the problem in this study is how the form of summative tests of German language class X SMA Negeri 1 Taman that fits the criteria. The purpose of this study is to produce a summative test of German language class X SMA Negeri 1 Taman that fits the criteria. The predetermined criteria are a) the items developed are valid, b) the items developed are reliable, c) the level of difficulty is moderate c) the distinguishing power of items is minimally sufficient, and e) the distractor is effective. From these criteria, items can be accepted if they meet a minimum of three criteria including validity and reliability. The items are rejected if they do not meet all the criteria. To develop an evaluation instrument it is necessary to go through a series of steps in the development of a predetermined summative test. So that it can be obtained summative test evaluation instruments that can be accounted for quality. This research uses quantitative research with the type of trial research. The population in this study was class XI SMA Negeri 1 Taman, which took German language as a cross-interest and compulsory subject. While the sample in this study was class XI SMA Negeri 1 Taman. The results of this study are a multiple-choice summative test grid based on the 2013 curriculum and bloom revised taxonomy of cognitive and psychomotor aspects. Of the 50 items that have been developed, the quantitative analysis of the test shows as many as 20 test items can be accepted because it meets the criteria of numbers 1, 3, 4, 6, 11, 12, 14, 16, 17, 19, 21,23, 24, 31, 32, 33, 40, 44, 47, and 48. And as many as 30 items were rejected because they did not meet the criteria of number 2, 5, 7, 8, 9, 10, 13, 15, 18, 20, 22, 25, 26, 27, 28, 29, 30, 34, 35, 36, 37, 38, 39, 41, 42, 43, 45, 46, 49, 50.
Keywords : Test Development, German Summative Test, Odd Semester