MANAJEMEN PELATIHAN DI BPSDM
MANAGEMENT TRAINING IN BPSDM
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui manajemen pelatihan di BPSDM melihat bagaimana perencanaan dan juga evaluasi BPSDM dalam melaksanakan pelatihan mereka Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang didukung data kualitatif. Tujuan utama penelitian deskriptif adalah untuk mendapatkan gambaran detail dari sebuah situasi, sekaligus menjawab pertanyaanpertanyaan seperti siapa, kapan, dimana, dan bagaimana. Dipilihnya jenis penelitian deskriptif, karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal yang terkait dengan manajemen pelatihan di BPSDM dimana pengambilan data menggunakan wawancara juga observasi. Hasil dari penelitian di tahap perencanan dan evaluasi, di tahap perencanaan ada beberapa hal yaitu A. Jadwal pelatihan di BPSDM mereka tetapkan satu tahun sebelum kegiatan akan dilaksanakan. B. Merencanakan metode pelatihan Penentuan metode yang tepat dan terpadu merupakan salah satu faktor yang menunjang keberhasilan penyampaian materi kepada peserta.Perencanaan metode pelatihan akan didasarkan pada usulan awal c. Memilih pemateri yang kompeten dan sesuai dengan bidangnya . Harus diliat track record orang tersebut dan di sesuaikan dengan tema pelatihan yang di angkat. D. Materi pelatihan adalah ditentukan dengan mengacu pada saran-saran yang disampaikan oleh UPT UPT ada juga materi yang setiap tahun harus selalu ada dan menjadi prioritas E. Pendanaan kegiatan berasal dari APBN murni atau hibah dari Luar negeri,dimana tiap-tiap kegiatan harus di atur berapa budget yang dibutuhkan dan disesuaikan F. Tempat pelatihan perlu disesuaikan dengan kebutuhan dari tema atau materi , apakah perlu di lapangan,hotel,atau di lab semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dari kegiatan tersebut. Lalu di tahap evaluasi A. Evaluasi Pemateri, materi ,dan sarana dan prasarana : angket penilaian B. Evaluasi peserta didik pre test dan post test
The aim of this research is to understand training management at BPSDM by looking at how BPSDM plans and evaluates implementing its training. This research uses descriptive research supported by qualitative data. The main goal of descriptive research is to get a detailed picture of a situation, as well as answer questions such as whom, when, where, and how. This type of descriptive research was chosen because this research aims to describe matters related to training management at BPSDM, where data collection uses interviews and observations. The results of research at the planning and evaluation stage, at the planning stage there are several things, namely. A. They set the training schedule at BPSDM one year before the activities will be carried out. B. Planning Training Methods Determining an appropriate and integrated method is one of the supporting factors for the successful transfer of material to participants. Training method planning will be based on the proposal at the beginning c. Choose presenters who are competent and appropriate to their field. You have to look at the person's track record and adjust it to the training theme being raised. D. The training material is determined by referring to the suggestions submitted by the UPT UPT. There is also material that must always be available every year and is a priority. E. Funding for activities comes from the APBN purely or grants from abroad, where each activity must determine how much budget is needed and adjust it. F. The training location needs to be adjusted to the needs of the theme or subject, whether it needs to be in the field, hotel or in the lab, everything is adjusted to the needs of the activity. Then in the evaluation stage A. Evaluation of presenters, materials, and facilities and infrastructure: assessment questionnaire B. Evaluation of students pre test and post test