Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kelayakan ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan alat peraga rel osilasi kelereng untuk menentukan percepatan gravitasi sebagai media pembelajaran langsung fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE dengan uji coba lebih luas. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada uji coba menggunakan desain penelitian one-group pre-test post-test design dengan tiga kelas replikasi. Kelayakan alat peraga ditinjau dari aspek validitas, keefektifan, dan kepraktisan. Kelayakan alat peraga ditinjau aspek validitas mendapat hasil penilaian validator sebesar 79,17 % dengan interpretasi valid. Kelayakan dari aspek keefektifan ditinjau dari ketuntasan hasil belajar peserta didik di tiga kelas secara berturut-turut adalah 100%, 94,44%, dan 97,06% dengan interpretasi sangat valid. Kelayakan alat peraga dari aspek kepraktisan ditinjau dari respon peserta didik di tiga kelas yang mendapat respon positif sebesar 88,89%, 85,56%, dan 79,71% dengan interpretasi sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa alat peraga rel osilasi kelereng untuk menentukan percepatan gravitasi sebagai media pembelajaran fisika yang dikembangkan ini telah layak digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran fisika.
Kata kunci : pengembangan alat peraga, media pembelajaran, rel osilasi kelereng.
This research aims to describe the appropriateness of marble oscillation material props based on the validity aspect, effectiveness and practicality to determine the gravity acceleration as a direct physics learning media. ADDIE model is applied as the research method by wider observation. This research has been done through some steps consisting of analysis, design, development, implementation and evaluation. The trial focused on three classes’ replication using one-group pre-test post-test design. The appropriateness of the material props was acquired by the validity aspect, effectiveness and the practicality. The appropriateness reviewed based on the validity aspects search out 79.17% for validation value which means valid. Additionally, the appropriateness of the effectiveness aspect is demonstrated through student learning outcomes from three classes at 100%, 94.44%, and 97.06% respectively which are incredibly valid. The appropriateness of material props based on the practicality aspect is shown by the students' positive responds that accounted for 88.89%, 85.56% and 79.71% which are considerably practical. In sum, marble oscillation props to determine gravity acceleration as a physics learning media, is appropriate to improve the physics learning process.
Keywords : the development of material props, learning media, marble oscillation.